Cara Menjadi Seorang Penulis yang Sukses

cara menjadi seorang penulis

Menjadi seorang penulis yang sukses memiliki arti yang berbeda-beda untuk tiap individunya, bagi beberapa calon penulis, seorang penulis yang sukses berarti menjadi seorang penulis penerbit dengan sebuah novel yang ada masuk ke dalam daftar buku terlaris atau bestseller, namun, bagi banyak orang, menjadi seorang penulis yang sukses memiliki arti yang lebih sederhana, yaitu mencari nafkah dengan menulis sebuah cerita fiksi atau nonfiksi atau berhasil menerbitkan karyanya di suatu majalah atau surat kabar.

Manfaat Dari Menulis

Minat Anda yang ingin menjadi seorang penulis mengharuskan Anda untuk banyak menulis, dan ternyata, menulis itu sendiri memiliki manfaat yang berlimpah, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kegemaran menulis.

Lebih Jelas Dalam Berkomunikasi

Tidak seperti berbicara, ketika Anda menulis, Anda mencari kata-kata dan berbagai ungkapan yang lebih kompleks untuk menggambarkan apa yang ada di dalam pikiran Anda, hal ini membantu Anda membangun struktur dalam mengekspresikan diri dengan lebih baik dan mengkomunikasikan berbagai ide yang rumit dengan cara yang jauh lebih efektif.

Menghilangkan Stres

Menulis dapat mengeliminasi stres yang disebabkan terlalu banyaknya informasi yang mengisi kepala Anda, dengan menulis dan mengembangkan ide-ide Anda dapat menghasilkan efek yang kuat karena selain Anda mengambil isi kepala Anda keluar dari pikiran Anda tetapi juga seluruh proses rasionalisasi yang terjadi, karena jika tidak itu semua akan menetap di dalam sana dalam kondisi abstrak dan tidak teratur.

Anda Akan Lebih Produktif

Menulis akan mengaktifkan berbagai neuron dalam otak Anda dan mempersiapkannya untuk mengatasi tugas-tugas lainnya, Anda dapat menggunakannya sebagai sebuah pemanasan di awal hari, selain itu, dengan menuliskan tugas-tugas Anda dengan kata-kata yang yang tepat dapat mempersiapkan Anda untuk melaksanakannya dengan benar, dan dengan menetapkan tujuan Anda secara tertulis dapat meningkatkan peluang untuk dapat mencapainya secara signifikan.

Anda Akan Belajar Lebih Banyak

Menulis berbagai informasi yang Anda terima dengan kata-kata Anda sendiri dapat membantu Anda mengasimilasi dan mengkonsolidasi informasi dan pengetahuan, yang jika tidak akan mudah dan segera terlupakan.

Anda Akan Mendapatkan Kesadaran Tentang Realitas Anda

Jika Anda terbiasa menuliskan apa yang ada di dalam pikiran Anda setiap harinya, apa yang ingin Anda capai dan bagaimana perasaan, Anda tidak memerlukan seorang psikolog untuk dapat menjelaskan siapa diri Anda sebenarnya, Anda akan mampu melakukannya sendiri.

Anda Dapat Membuat Keputusan Dengan Lebih Baik

Ketika menulis, Anda akan menjernihkan pikiran dan tentu saja, dengan pemikiran yang lebih jernih memungkinkan Anda dapat membuat pilihan-pilihan yang lebih baik.

Anda Akan Hidup Lebih Fokus

Jika Anda secara terus-menerus menulis tentang pemikiran Anda, Anda tidak akan pernah lepas dari pandangan dan gambaran yang ingin Anda capai, yaitu impian Anda.

Anda Akan Mengatasi Saat-saat Sulit Dengan Lebih Cepat

Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa menulis tentang apa yang terjadi mampu mengatasi saat-saat sulit dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Cara Menjadi Seorang Penulis

Mau menjadi seorang penulis? Persiapkan dan kuatkan diri Anda, karena untuk menjadi seorang penulis, Anda haruslah menulis, berikut beberapa cara menjadi seorang penulis hebat yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

  1. Baca Semuanya

    Langkah pertama untuk menjadi seorang penulis adalah dengan menjadi seorang pembaca yang hebat, baca … baca … baca semuanya, baca semua hal yang Anda tahun, Anda sukai dan semua yang Anda tidak sukai, mintalah rekomendasi dari para pemilik toko buku bekas, tanya seorang teman buku bagus apa yang terakhir dia baca, tanyakan pada seorang pustakawan buku apa yang sedang populer akhir-akhir ini, kemudia bacalah itu semua, jelajahi loronng-lorong toko buku dan ambil sebuah buku tentang topik yang belum pernah Anda baca sebelumnya.

    Bacalah struk belanja Anda, baca bagian belakang dari produk apa saja yang kamu beli, baca potongan tiket bus ketika berada di dalam perjalanan menuju kantor, baca puisi, buku biografi, artikel di Wikipedia, komentar YouTube, skrip film favorit Anda, transkrip TED Talk, Anda juga bisa membaca berbagai lirik rap, resep, tweet dan novel.

    Baca … baca … bacalah semua yang bisa Anda peroleh, karena apa yang Anda serap secara tidak sadar akan menjadi bagian dari tulisan Anda, semakin beragam Anda membaca, semakin khas suara Anda saat menulis, seorang penulis adalah gabungan dari semua yang telah dia baca.

    Hanya setelah Anda membaca banyak genre dan jenis tulisan yang berbeda, baru Anda dapat memutuskan apa yang benar-benar Anda sukai dan kagumi, dan kemudian Anda harus mencari lebih banyak lagi dari semua yang Anda sukai, temukan berbagai inspirasi-inspirasi dari orang yang telah menjadi inspirasi Anda dan baca karya-karyanya, nikmati karya penulis favorit Anda seperti sebuah makanan favorit Anda.

  2. Menulislah Setiap Hari

    Mengembangkan kebiasaan menulis harian adalah cara terbaik untuk mengasah keahlian menulis Anda, melewati berbagai hambatan menulis dan membuka penuh semua potensi kreativitas Anda.

    Perlakukan penulisan kreatif layaknya sebuah pekerjaan full time, tetapkan tenggat waktu yang ambisius tetapi masih masuk akal untuk diri Anda sendiri, jika Anda memiliki pekerjaan harian, bahkan hanya dengan menyediakan waktu 20 menit per hari untuk menulis akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan keahlian menulis Anda, satu-satunya cara untuk menjadi seorang penulis yang lebih baik adalah melalui kerja keras dan konsistensi.

  3. Bergabung Dengan Grup / kelompok / komunitas Penulis

    Temukan orang-orang yang memiliki kesamaan dalam perjalanan karir menulisnya dengan Anda dan bertemu secara teratur untuk dapat saling membaca karya dan saling memberikan masukan, membina komunitas dengan teman sebaya bisa sangat berharga, terutama ketika Anda mencoba menyelesaikan sebuah project ambisius seperti sebuah novel untuk pertama kalinya, kelompok penulis dapat membantu Anda untuk tetap disiplin dan memberikan Anda banyak catatan tambahan yang bermanfaat, berbagai kiat menulis dan berbagai saran pengeditan.

  4. Temukan Seorang Mentor

    Bahkan penulis paling sukses pun pernah berada di posisi Anda saat ini, jika Anda memiliki sebuah hubungan dengan seorang penulis senior dan profesional, kemungkinan besar mereka akan memberi Anda nasihat tertulis jika Anda bertanya dengan cara yang sopan dan bijaksana, buatlah sebuah daftar yang berisi nama dari para penulis profesional yang Anda kagumi dan coba hubungi mereka melalui email atau media sosial, lihat apakah mereka bersedia untuk bertemu di sebuah kedai kopi.

    Seorang mentor dapat membantu Anda dalam menavigasi pada sisi bisnis dari penulisan, mmampu menawarkan berbagai nasihat seputar industri penerbitan, manfaat penerbitan mandiri hingga detail cara menulis surat permintaan untuk menerbitkan novel pertama Anda.

  5. Bangun Keberadaan dan Jangkauan Online Anda

    Bagian dari menjadi seorang penulis yang sukses adalah bagaimana memasarkan diri Anda sendiri, memiliki kehadiran online yang kuat dapat menjadi sebuah bagian penting dari pemasaran mandiri, pastikan situs web Anda selalu update dan isi dengan berbagai karya terbaik Anda, tampil di berbagai podcast untuk memperluas jangkauan dan calon audiens Anda.

    Jika Anda seorang blogger, cobalah untuk memposting sesering mungkin, terutama jika Anda sedang mencoba memulai project buku pertama Anda, seing kali, kehadiran penulis secara online dapat menjadi hal yang dapat menarik para penerbit yang sedang mencari talenta baru.