Cara Menjadi Pengusaha Sukses Dari Nol

Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Menjadi sukses sering kali berarti belajar dari mereka yang telah mencapai tujuannya, memiliki seorang mentor adalah sebuah berkah yang luar biasa bagi seorang wirausaha, tetapi tidak semua orang dapat menemukannya secara langsung.

Bagi Anda yang belum memiliki seorang pemandu yang membimbing Anda dalam menyelami dunia wirausaha, sekiranya artikel kali ini akan membantu Anda untuk minimal mengetahui beberapa cara dasar untuk menjadi seorang pengusaha.

Keuntungan Menjadi Seorang Pengusaha

“Pengusaha adalah satu-satunya orang yang mau bekerja selama 80 jam seminggu untuk menghindari bekerja selama 40 jam seminggu”

Lori Greiner, Shark Tank

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menjadi seorang pengusaha, selamat! Anda sedang menuju sebuah jalur yang menarik dan menguntungkan, tapi perlu diketahui bahwa jalur ini bukan untuk orang yang berhati kecil.

Untuk setiap manfaat dan keuntungannya terdapat berbagai tantangan yang menyertai, semua keuntungan datang dengan banyak perjuangan dan kebutuhan untuk berkomitmen di sepanjang perjalanan.

Namun, bagi orang-orag yang memiliki jiwa wirausaha dan pola pikir yang kuat, berbagai imbalan dari menjadi seorang pengusaha memang sulit untuk ditolak, berikut beberapa manfaat dan keuntungan dari menjadi seorang pengusaha :

Mejalani Karir yang Diinginkan

Bagi kebanyakan wirausahawan sukses, ini semua adalah tentang pola pikir dan membukan jalan bagi diri mereka sendiri untuk keluar dari dunia korporat yang tidak selalu selaras dengan nilai-nilai yang ada di dalam diri mereka.

Keuntungan menjadi seorang pengusaha memang berlimpah, salah satu yang terbesar adalah kenyataan bahwa Anda dapat bekerja dalam bidang yang sesuai dengan keyakinan Anda melalui sebuah cara yang benar-benar memuaskan diri Anda.

Memiliki Kendali Kerja

Keseimbangan kehidupan kerja dan memiliki kemampuan dalam menetapkan batasan-batasan Anda sendiri merupakan bagian penting dari bekerja untuk diri sendiri, ketika Anda dapat mengendalikan beban kerja Anda, kepuasan kerja Anda otomatis akan meningkat, membuat Anda menjadi lebih terlibat ke dalam operasi bisnis sehari-hari.

Pengalaman Kepemimpinan

Proses menjadi pengusaha melibatkan banyak pertumbuhan secara kewirausahaan, berbagai pelajaran kepemimpinan yang akan Anda pelajari dari menjalankan bisnis Anda sendiri tetap akan bersama Anda selamanya, dan akan meluas ke dalam berbagai aspek kehidupan Anda.

Berbagai keahlian seperti komunikasi yang efektif, kesabaran, manajemen waktu, perencanaan keuangan, disiplin diri dan masih banyak lagi dan semua itu pada dasarnya hanya dapat dipelajari dengan terjun secara langsung, semua pelajaran yang Anda dapat dari menjalankan perusahaan Anda akan sangat berharga, baik untuk kehidupan profesional maupun kehidupan pribadi.

Bekerja Dari Mana Saja

Karier Anda adalah bagian besar dari diri Anda, jadi itu haruslah bermanfaat dan secara umum tidak boleh membosankan, Anda mungkin pernah merasakan kehidupan kantor yang membosankan, jadi Anda menyadari dengan sepenuhnya bahwa rasa senang dan bersemangat dalam pekerjaan Anda adalah suatu hal yang berharga.

Sebagai seorang pengusaha, Anda tidak terikat pada pekerjaan sehari-hari yang membosankan, Anda juga tidak harus melakukan hal yang sama di setiap harinya, Anda bahkan dapat memilih untuk bekerja dari tempat selain meja kantor yang membosankan, bisa dari rumah Anda, sebuah kafe atau bahkan di perjalanan ketika Anda sedang berlibur.

Kendali Perusahaan

Meskipun ada banyak hal yang tidak dapat diprediksi dari menjadi seorang penguraha, namun keindahannya adalah bahwa Anda sebenarnya memiliki banyak sekali kendali.

In adalah bisnis Anda, sehingga Anda dapat membuat berbagai keputusan penting, mulai dari siapa yang akan bekerja dengan Anda dan klien apa yang harus diambil hingga bagaimana Anda menetapkan harga dari layanan atau produk yang akan Anda tawarkan.

Terdapat banyak sekali kebebasan untuk dapat mengatur berbagai hal seputar pekerjaan dan bisnis Anda, alih-alih menjadi roda penggerak di dalam sebuah roda hierarki perusahaan, ide-ide Anda bisa mengambil alih dan membuat berbagai perbedaan, sungguh akan menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa melihat benih yang Anda tanam menjadi berkembang menjadi sesuatu kesuksesan.

Jadwal yang Fleksibel

Dapat menetapkan jadwal Anda sendiri memungkinkan Anda keluar dari perangkap tradisional 9-17, sehingga Anda dapat mengakomodasi kehidupan pribadi, keluarga, kebutuhan klien dan bahkan kesehatan mental Anda.

Mungkin Anda paling produktif ketika bekerja dalam waktu per dua jam dengan jeda istirahat yang cukup diantaranya, atau mungkin Anda tidak membutuhkan delapan jam penuh untuk jam kerja Anda sehari-hari, fleksibilitas dalam menjalankan bisnis Anda sendiri memungkinkan Anda menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

Berfokus pada hasil dibanding dengan menonton jam kerja dapat meningkatkan kebahagiaan, kualitas kerja dan juga tentunya hasil kerja itu sendiri, dan akan ada hari ketikan Anda sebagai seorang pengusaha membutuhkan jam kerja yang lebih panjang, membuat Anda jauh melewati jam 5 sore, namun, bahkan ketika bekerja pada suatu malam yang panjang, Anda akan membangun sesuatu yang menjadi miliki Anda sendiri, jadi semua tidak akan menjadi hal yang sia-sia.

Membangun Jaringan Berkualitas

Memasuki dunia wirausaha berarti juga memperluas jaringan profesional yang sudah Anda miliki, berbagai koneksi yang Anda buat dapat memperkuat merek Anda dengan cara memperluas kumpulan klien-klien yang potensial dan bertemu dengan berbagai orang yang secara pribadi akan juga mau membantu Anda.

Kebanggaan dan Kepuasan

Pada akhirnya, penting untuk merasa bangga dengan pekerjaan yang Anda miliki dan merasa nyaman dengan apa yang Anda lakukan, akrena itulah yang akan membuat Anda untuk terus maju, merasa berhasil dengan melihat sesuatu yang telah Anda rencanakan adalah sebuah perasaan yang luar biasa.

Menjadi mampu untuk memberi kembali kepada komunitas Anda, ekonomi lokal, karyawan Anda, keluarga Anda dan seterusnya adalah perasaan yang juga luar biasa.

Menjadi seorang wirausahawan berarti Anda pada dasarnya adalah seorang problem solver dan kepuasan melihat kerja keras Anda yang jujur dalam memecahkan berbagai masalah tersebut adalah sebuah pengalaman yang unik bagi seorang pengusaha.

Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Jika Anda belum menemukan seorang mentor bisnis, berikut adalah beberapa kiat dan cara menjadi pengusaha sukses yang cocok bagi Anda para pengusaha muda dan para calon wirausaha lainnya untuk membantu Anda dalam memulai sebuah bisnis.

  1. Tantang Diri Anda Sendiri

    Richard Branson mengatakan bahwa motivasi terbesarnya adalah dengan terus menantang dirinya sendiri, dia memperlakukan hidup seperti sebuah pendidikan panjang di perguruan tinggi, dimana dia bisa belajar lebih banyak tiap harinya, Anda juga bisa!

  2. Lakukan yang Anda Yakini

    Tidak perlu diragukan lagi, menjalankan sebuah bisnis akan menyita banyak waktu, Steve Jobs mencatat bahwa satu-satunya cara untuk merasa puas dalam hidup Anda adalah dengan melakukan pekerjaan yang benar-benar Anda yakini.

  3. Ambil Resiko

    Kita tidak akan pernah tahu hasil dari usaha kita kecuali kita benar-benar melakukannya, Jeff Bezos mengatakan bahwa sangat membantu untuk mengetahui bahwa dia tidak akan pernah menyesali kegagalan, tetapi dia akan menyesal ketika tidak mencobanya.

  4. Percaya Pada Diri Sendiri

    Seperti yang dikatakan oleh Henry Ford, “Apakah Anda berpikir Anda bisa atau tidak, Anda benar semua”, percaya bahwa Anda bisa sukses maka Anda akan menemukan berbagai jalan keluar melewati banyak rintangan, percaya Anda tidak bisa sukses dan Anda hanya akan mencari banyak alasan.

  5. Memiliki Visi

    Pendiri sekaligus CEO Tumblr, Davis Karp, mencatat bahwa seorang pengusaha adalah seorang yang memiliki visi dan keinginan untuk menciptakan sesuatu, jaga visi yang Anda miliki untuk tetap jelas setiap saat.

  6. Bertemu Dengan Orang-orang Baik

    Dengan siapa Anda bersama akan mencerminkan siapa diri Anda, Reid Hoffman, salah satu pendiri LinkedIn, mengatakan bahwa cara tercepat untuk mengubah diri Anda adalah dengan bergaul bersama orang-orang yang sudah menjadi seperti yang Anda inginkan.

  7. Hadapi Semua Ketakutanmu

    Mengatasi rasa takut memang tidaklah mudah, tetapi itu harus dilakukan, Arianna Huffington pernah berkata bahwa dia menemukan keberanian layaknya sebuah otot, semakin dia melatihnnya, semakin kuat jadinya.

  8. Ambil Tindakan

    Dunia penuh dengan banyak ide hebat, tetapi kesuksesan hanya datang melalui tindakan, Walt Disney pernah berkata bahwa cara termudah untuk memulai sesuatu adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukannya, itu juga berlaku untuk kesuksesan Anda.

  9. Investasi Waktu

    Tidak ada yang langsung berhasil dan semua orang pernah berada di posisi sebagai pemula, seperti yang dikatakan oleh Steve Jobs dengan bijak, “jika Anda melihat lebih dekat, kesuksesan dalam semalam juga membutuhkan waktu yang lama”, jangan takut untuk menginvestasikan waktu di perusahaan Anda.

  10. Mengelola Tenaga, Bukan waktu

    Energi atau tenaga Anda membatasi apa yang dapat Anda lakukan dengan waktu Anda, jadi kelolalah dengan bijak.

  11. Bangun Sebuah Tim Hebat

    Tidak ada yang berhasil dalam bisnis sendirian, dan mereka yang mencobanya pada akhirnya akan kalah dengan sebuah tim yang hebat, bangun tim hebat Anda sendiri untuk meningkatkan peluang kesuksesan Anda.

  12. Rencana Untuk Meningkatkan Permodalan

    Richard Harroch, seorang pemodal ventura, memiliki nasihat ini untuk para pengusaha atau wirausahawan yang akan datang, “menghimpun modal akan selalu lebih sulit dan itu selalu membutuhkan waktu yang lebih lama daripada yang Anda kira”, jadi rencanakan sejak sekarang.

  13. Pahami Tujuan-tujuan Anda

    Ryan Allis, salah satu pendiri iContact, mengatakan bahwa selalu memikirkan tujuan pada setiap harinya memastikan Anda selalu berupaya untuk mewujudkannya, tetapkan tujuan dang ingatkan diri Anda tentang itu setiap hari.

  14. Belajar Dari Berbagai Kesalahan

    Banyak pengusaha sukses memperlakukan kesalahan sebagai guru terbaik mereka, ketika Anda mampu belajar dari setiap kesalahan Anda, Anda semakin dekat dengan kesuksesan, meskipun pada awalnya Anda telah gagal.

  15. Kenali Pelanggan Anda

    Dave Thomas, pendiri Wendy’s, menyebut bahwa mengenal siapa pelanggan Anda sebagai salah satu dari tiga kunci suksesnya dalam bisnis, kenali orang-orang yang Anda layani lebih baik dari siapapun dan Anda akan mampu memberikan berbagai solusi yang mereka cari dan butuhkan.

  16. Belajar Dari Keluhan

    Bill Gates pernah berkata bahwa para pelanggan Anda yang paling tidak bahagia adalah sumber pembelajaran terbesar Anda, biarkan pelanggan yang tidak senang atau puas mengajari Anda di mana letak celah dalam layanan Anda.

  17. Minta Masukan Dari Pelanggan

    Hanya dengan mengasumsikan apa yang sebenarnya diinginkan atau dibutuhkan oleh para pelanggan tidak akan pernah membawa kesuksesan, Anda harus bertanya secara langsung kepada mereka dan kemudia mengengarkan dengan cermat apa saja yang mereka sampaikan.

  18. Belanjakan Uang Dengan Bijak

    Ketika Anda membelanjakan uang untuk keperluan bisnis Anda, berhati-hati dan bijaklah dalam membelanjakannya, sangat mudah untuk menghabiskan terlalu banyak uang untuk hal-hal bodoh dan menjadi terlalu cepat dalam menghabiskan modal.

  19. Pahami Indsutri Anda

    Tony Hsieh, pendiri Zappos, pernah berkata, “jangan memainkan permainan yang Anda tidak mengerti, meskipun Anda melihat banyak orang lain menghasilkan uang dari itu”, benar-benar memahami industri Anda adalah kunci dari kesuksesan.

  20. Berikan Lebih Dari yang Diharapkan

    Larry Page, pendiri Google, mendorong para wirausahawan untuk dapat memberikan lebih dari yang diharapkan para pelanggan, ini adalah sebuah cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian di industri Anda dan membangun banyak pengikut yang setia.

Daftar Pengusaha Tersukses dan Terkaya di Dunia

Berikut adalah beberapa daftar para pengusaha tersukses dan terkaya di dunia, yang dapat menjadi sebuah motivasi bagi kita semua dalam mengejar semua mimpi yang ingin kita capai sebagai seorang pengusaha.

PeringkatNamaKekayaan BersihUsiaNegara
1Jeff Bezos$196 Billion57United states
2Bill Gates$125.9 Billion65United states
3Bernard Arnault$122 Billion72France
4Mark Zuckerberg$101 Billion36United states
5Warren Buffett$100.3 Billion90United states
6Larry Page$91.8 Billion48United states
7Larry Ellison$91.2 Billion76United states
8Amancio Ortega$82 Billion84Spain
9Carlos Slim$60.35 Billion81N/A
10Sergey Brin$97.25 Billion47United states
11Michael Bloomberg$59 Billion79United states
12David Koch$50.5 BillionN/AUnited states
13Mukesh Ambani$57 Billion63India
14Charles Koch$54.2 Billion85United states
15S. Robson Walton$53.5 Billion76United states
16Jim Walton$53.3 Billion72United states
17Steve Ballmer$53.3 Billion65United states
18Ingvar Kamprad$52.8 Billion95N/A
19Liliane Bettencourt$42.3 Billion98France
20John Mars$41.6 Billion85United states
21Ma Huateng$34.6 Billion49China
22Francois Pinault$33.7 Billion84France
23Phil Knight$31.9 Billion83United states
24Sheldon Adelson$31.4 Billion87N/A
25Giovanni Ferrero$30.3 Billion55Italy

Menjadi seorang pengusaha sukses membutuhkan banyak sekali persiapan dan pekerjaan, banyak visi dan banyak ketekunan yang dibutuhkan, berbagai cara menjadi pengusaha sukses di atas banyak berasal dari para pengusaha yang telah mendulang kesuksesan yang luar biasa besar, semoga dapat membantu Anda dalam menapaki jalan kesuksesan dengan lebih mudah.

Referensi