Cara Menjadi Orang yang Lebih Baik di Tiap Harinya

Cara Menjadi Orang yang Lebih Baik

Wajar untuk merasa seperti Anda bisa melakukan lebih banyak jika berbicara soal pengembangan diri, tetapi untuk dapat menjadi orang yang lebih baik tidak berarti harus menjadi lebih keras pada diri sendiri, pada faktanya, yang terjadi justru sebaliknya.

Semakin banyak kebaikan diri dan belas kasihan yang dapat Anda bina, semakin siap pula Anda untuk dapat memperlakukan orang-orang di sekitar Anda dengan cara yang sama, ditambah, berbuat baik untuk orang lain bisa membuat hidup Anda lebih bermakna, bahkan mungkin dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.

Cara Menjadi Orang yang Lebih Baik

Berikut adalah beberapa cara untuk membangun pengembangan diri ke dalam rutinitas harian Anda dan melepaskan berbagai pemikiran negatif tentang diri Anda, sehingga menjadikan diri Anda sebagai orang yang lebih baik

  1. Mengembangkan Rasa Syukur

    Anda mungkin telah mendengar ini ribuan kali, dengan membuat sebuah jurnal rasa syukur yang berisi semua hal yang patut Anda syukuri dapat memberikan dampak besar pada pola pikir yang Anda miliki, penelitian telah menunjukkan bahwa dengan memasukkan rasa syukur ke dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu dalam menangkal stres, meningkatkan kualitas tidur dan memiliki hubungan sosial yang lebih positif.

    Seorang psikolog olahraga, Anna Hennings, MA, merekomendasikan penggunaan dari akronim GIFT seperti dibawah ini untuk membantu Anda mengidentifikasi apa yang patut Anda syukuri.

    Growth. Pertumbuhan secara pribadi, seperti mempelajari suatu keahlian baru.
    Inspiration. Berbagai momen atau hal yang menginspirasi Anda.
    Friends/family. Orang-orang yang telah memperkaya hidup Anda.
    Tranquility. Momen-momen kecil, seperti ketika sedang menikmati secangkir kopi atau membaca sebuah buku yang bagus.
    Surprise. Hal-hal yang tak teruduga.

    Saat Anda membuat daftar berbagai hal yang patut disyukuri, catat juga mengapa hal-hal tersebut membuat Anda bersyukur.

  2. Sapa Semua Orang yang Anda Temui

    Apakah Anda hanya mengangguk atau tersebyum kepada orang asing yang lewat atau mengucapkan selamat pagi kepada semua orang yang memasuki kantor, berusahalah untuk mengenali orang-orang di sekitar Anda ketika Anda melihatnya.

    Saat melakukannya, Anda mungkin akan merasa lebih hadir dan terhubung dengan orang-orang di sekitar Anda, meskipun Anda tidak memiliki hubungan dekat dengan mereka.

  3. Digital Detox

    Mematikan atau mencabut daya dari perangkat-perangkat digital Anda mskipun hanya dalam waktu singkat dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda, lain kali Anda sedang mendapati diri Anda sedang tidak ada kerjaan, coba menjauhlah dari ponsel Anda selama beberapa jam, sebaliknya, cobalah untuk berjalan-jalan dan terhubung dengan pikiran Anda,

    Menjauhlah dari ponsel Anda selama beberapa jam atau bahkan tidak menggunakannya selama sehari penuh, lalu cobalah keluar dan terhubung dengan alam, atau bertemu dengan teman-teman, istirahat dari gadget Anda walau sejenak dapat membantu Anda utnuk bersantai dan fokus pada berbagai hal yang dapat membuat Anda bahagia.

  4. Gunakan Self-talk yang Positif

    Sangat mudah untuk menjadi kasar dan kritis pada diri sendiri terhadap kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan dan rasakan, pembicaraan diri yang negatif dan tidak produktif ini dapat menurunkan motivasi diri secara keseluruhan.

    Misalnya, jika Anda secara terus-menerus mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda bukan orang yang baik, hal ini akan membuat Anda kesulitan untuk menemukan motivasi dalam mengambil langkah-langkah perbaikan diri.

    Praktikkan self-talk yang positif dengan menyatakan sebuah fakta yang terjadi dan kemudian menindaklanjutinya dengan optimisme.

    FAKTA + OPTIMISME = POSITIVITAS

    Contoh, “saya tahu bahwa perubahan ini akan menantang, tetapi saya telah lama memikirkannya dan telah mempertimbangkan semua opsi yang ada [fakta], jadi saya yakin kalau saya sudah melakukan yang terbaik yang saya bisa pada saat ini [optimisme]”.

    Bagian yang paling sulit adalah bagaimanan cara menangkap diri Anda sendiri ketika sedang berada di dalam pemikiran negatif dan dengan sengaja memutuskan untuk berpikir secara berbeda, tetapi dengan sedikit latihan, semua menjadi lebih mudah.

  5. Berbuat Kebaikan Secara Acak

    Bersikap baik kepada orang lain dapat membantu Anda seperti memiliki tujuan hidup dan membuat Anda merasa tidak terlalu terisolasi.

    Cobalah melakukan sesuatu kebaikan untuk seseorang secara random atau acak, seperti berikan sebuah pujian kepada orang asing, belikan kolega Anda makan siang, kirim sebuah kartu ucapan ke seorang teman atau berikan donasi kepada seseorang yang membutuhkan.

    Anda akan menyadari dan melihat suasana hati Anda akan sedikit meningkat ketika Anda berbuat suatu kebaikan yang tulus.

  6. Mindful Eating

    Ketika Anda terjebak di hari yang sangat sibuk, Anda tergoda untuk makan secara terburu-buru tanpa mendengarkan apa yang dikatakan oleh tubuh Anda.

    Mindful eating atau makan dengan penuh kesadaran akan memberikan Anda kesempatan untuk memeriksa berbagai perasaan fisik dan emosional Anda.

    Pilih makanan Anda, meskipun itu hanya sebuah sandwich, luangkan waktu Anda untuk memakannya, perhatikan rasa dan tekstur yang berbeda dari tiap lapisannya, ini merupakan sebuah jenis meditasi mini yang dapat bertindak sebagai sebuah penghilang stres yang sederhana.

  7. Tidur yang Cukup

    Tidak merasa cukup istirahat dapat membuat Anda menjadi mudah marah dan tidak produktif di sepanjang hari, usahakan untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap malamnya, temukan cara-cara untuk dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dengan mengurangi konsumsi kafein di sore atau malam sebelum tidur, bersantai di bathup berisi air hangat atau mandi sebelum tidur dapat mempermudah Anda untuk tertidur dan mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari.

  8. Bernapaslah Dengan Sadar

    Luangkan waktu Anda sejenak ketika sedang berada di sebuah halte bus, mengantrei di toko swalayan atau sebelum tertidur untuk dapat memusatkan perhatian pada pernapasan Anda, mempraktikkan pernapasan dalam walau hanya beberapa menit tiap harinya telah terbuktu dapat memicu respon relaksasi pada tubuh dan dapat mengatur stres dalam diri kita.

    Kamu bisa menggunakan teknik seperti di bawah ini :

    1. Tarik napas seperti biasa.
    2. Buang napas, pastikan Anda memberikan waktu yang lebih lama daripada ketika menarik napas.
    3. ulangi proses ini sampai Anda mulai merasakan rileks, jika Anda lebih suka menghitungnya, cobalah menarik napas selama 4 hitungan, tahan selama 7 hitungan dan hembuskan selama 8 hitungan.

  9. Maafkan Diri Sendiri dan Orang Lain

    Ketika diri Anda berisi berbagai perasaan yang negatif baik terhadap diri sendiri maupun kepada orang lain, hal itu akan mempengaruhi suasana hati Anda dan pada cara Anda memperlakukan semua orang, termasuk perlakuan pada diri Anda sendiri.

    Memiliki sifat yang sulit untuk memaafkan akan menghasilkan berbagai pikiran negatif, putuskan untuk membiarkannya pergi dan bangunlah sebuah kebiasaan untuk tidak akan pernah pergi tidur jika masih terdapat rasa benci dan marah di dalam hati, baik pada diri sendiri maupun orang lain.

  10. Perawatan Diri

    Banyak orang sering menganggap perawatan diri adalah suatu jenis perawatan tertentu seperti manikur dan perawatan spa, perawatan diri sehari-hari lebih dari sekedar memanjakan diri, melainkan juga tentang bagaimanan makan dengan baik dan mendapatkan cukup nutrisi gna mendukung kerja otak dan tubuh Anda.

    Pastikan Anda jua berolahraga atau meggerakkan tubuh dengan penuh perhatian, meluangkan waktu untuk berhubungan dengan orang lain, melakukan relaksasi atau memiliki waktu istirahat untuk diri sendiri.

  11. Puji Diri Anda

    Setiap pagi sebelum Anda melakukan rutinitas harian, luangkan waktu selama beberapa menit untuk memuji diri sendiri, Apakah Anda memuji pakaian, potongan rambut atau luar biasanya Anda dalam menyelesaikan tugas baru-baru ini, memberikan sedikit dorongan emosional untuk diri sendiri akan membuat Anda bahagia.

    Ketika Anda mampu bahagia dengan diri sendiri, emosi positif ini bisa menular ke orang-orang di sekitar Anda, motivator legendaris, Tony Robbins, memiliki sebuah mantra yang dia ucapkan dengan suara lantang pada dirinya sendiri hampir setiap hari untuk membuatnya berada dalam kondisi kinerja yang optimal.

  12. Jangan Banyak Alasan

    Menyalahkan pasangan, atasan atau bahkan klien Anda tidak akan membuahkan hasil apa-apa dan tidak ada keuntungannya sama sekali, alih-alih menuding dan membuat berbagai alasan tentang mengapa Anda menjadi tidak bahagia atau tidak sukses dalam kehidupan pribadi atau profesional, akui saja semua kesalahan Anda dan belajar dari itu semua.

    Ketika Anda melakukan ini, Anda akan menjadi orang yang lebih baik, jalani semua kesalahan dan kejatuhan Anda, hidup akan berbalik dengan sendirinya.

  13. Lepaskan Kemarahan

    Melepaskan amarah lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, meskipun kemarahan adalah sebuah emosi yang sangat normal, Anda tidak bisa membiarkannya begitu saja, jika ini terjadi, Anda mungkin akan membuat keputusan-keputusan yang tidak bijaksana dan itu juga akan berpengaruh negatif pada kesehatan Anda.

    Penelitian menunjukkan bahwa kemarahan yang terpendam dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, sulit tidur dan bahkan penyakit jantung, untuk dapat membantu melepaskan amarah, Anda bisa mencoba untuk menuliskan semua perasaan Anda pada sebuah jurnal, berdoa atau bermeditasi.

  14. Beri Kejutan

    Anda tahu rasanya bisa membuat seseorang tersenyum? Lumayan enak bukan? Kejutkan orang-orang terdekat atau rekan kerja sesekali, dengan sebuah hadiah, jalan-jalan malam atau dengan menawarkan bantuan ketika Anda tahu mereka sedang membutuhkannya.

  15. Menjadi Orang yang Bermanfaat

    Baik memberikan tempat duduk Anda kepada orang yang lebih tua ketika berada di MRT, membantu rekan kerja dalam suatu project atau sekedar membantu membawakan bahan-bahan makanan ketika pasangan Anda kembali dari belanja bulanan, membantu adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk berlatih menjadi orang yang lebih baik, Anda akan menemukan bahwa semakin sering Anda membantu orang lain, semakin baik perasaan Anda terhadap diri sendiri dan terhadap semua orang yang ada di sekitar Anda.

Menjadi terjebak dalam upaya menjadi versi yang terbaik dari didi Anda adalah hal yang wajar, tetapi menjadi orang yang lebih baik dimulai dengan mampu memperlakukan diri sendiri dengan cnta kasih yang sama seperti yang Anda lakukan pada orang lain.

Ini berarti tidak menghakimi diri sendiri dengan kasar ketika Anda gagal mencapai suatu tujuan dan menunjukkan kesabaran dan kasih sayang pada tiap hari-hari buruk Anda.

Ingatlah bahwa ada banyak cara untuk dapat menjadi orang yang lebih baik dan cara-cara diatas hanyalah sebagian kecil, temukanlah apa saja yang terasa paling membahagiakan dan bermanfaat, lalu cobalah untuk terus mengembangkannya ke dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Referensi