Cara Menjadi Orang yang Lebih Bahagia

cara menjadi orang yang lebih bahagia

Kebanyakan dari kita menghabiskan lebih dari setengah dari hari-hari terjaga kita dengan berada di tempat kerja, dan terlalu banyak dari kita menganggapnya sebagai sebuah pengorbanan yang memang dibutuhkan, sesuatu yang harus kita lakukan untuk dapat menafkahi diri kita sendiri dan keluarga serta menyisakan sedikit waktu bagi kita untuk mempehatikan diri sendiri.

Sikap itu harus diperbaiki, bagaimana jika tempat kerja bisa membuat Anda lebih bahagia? Bukankah itu akan memberikan Anda sebuah perspektif baru yang positif? Dalai Lama pernah berkata, “kebahagiaan bukanlah sesuatu yang siap dibuat, kebahagiaan datang dari semua tindakan Anda sendiri”.

Apa itu Kebahagiaan?

Kebahagiaan adalah suatu keadaan emosional yang ditandai dengan perasaan senang dan kepuasan, meskipun memiliki banyak definisi yang berbeda-beda, kebahagiaan sering kali digambakan sebagai berbagai emosi yang positif dan kepuasan hidup.

Ketika banyak orang berbicara tentang kebahagiaan, mereka mungkin sedang berbicara tentang bagaimana perasaan mereka pada saat ini, atau mereka mungkin merujuk pada sebuah perasaan yang lebih umum tentang bagaimana perasaan mereka tentang hidup secara keseluruhan.

Karena kebahagiaan cenderung menjadi istilah yang didefinisikan secara luas, para psikolog dan ilmuwan sosial lainnya biasanya menggunakan istilah ‘kesejahteraan subjektif’ ketika mereka berbicara tentang keadaan emosional ini, seperti kedengarannya, kesejahteraan subjektif lebih cenderung berfokus pada perasaan probadi pada seorang individu terhadap kehidupan mereka saat ini secara keseluruhan.

Dua komponen kunci dari kebahagiaan ( atau kesejahteraan subjektif ) adalah :

  • Keseimbangan emosi. Setiap orang mengalami berbagai emosi, perasaan dan suasana hati yang positif dan negatif, kebahagiaan pada umumnya dikaitkan dengan mengalami berbagai perasaan yang lebih positif daripada negatif.
  • Kepuasan hidup. Ini berkaitan dengan seberapa yang Anda rasakan terhadap berbagai aspek di kehidupan Anda termasuk hubungan Anda, pekerjaan, prestasi dan hal-hal lain yang Anda anggap penting.

Bagaimana Mengetahui Anda Bahagia?

Meskipun persepsi tiap orang terhadap kebahagiaan mungkin berbeda-beda, ada beberapa tanda yang dilihat oleh apra psikolog ketika mengukur dan menilai kebahagiaan pada seseorang, beberapa tanda utama dari kebahagiaan diantaranya :

  • Merasa seperti Anda sedang menjalani kehidupan seperti yang Anda inginkan.
  • Merasa bahwa kondisi hidup Anda baik-baik saja.
  • Mengetahui bahwa Anda telah mencapai, atau akan mencapai, apa yang Anda cita-citakan dalam hidup.
  • Merasa puas dengan hidup Anda.
  • Merasa lebih positif daripada negatif.

Satu hal yang penting untuk diingat adalah bahwa kebahagiaan bukanlah suatu keadaan euforia yang terus-menerus, sebaliknya, kebahagiaan adalah sebuah perasaan yang secara keseluruhan memiliki lebih banyak emosi yang positif daripada emosi negatif.

Orang-orang yang bahagia masih merasakan berbagai emosi, seperti kemarahan, frustrasi, kebosanan, kesepian dan bahkan kesedihan dari waktu ke waktu, tetapi yang membedakan adalah ketika mereka sedang menghadapi suatu ketidaknyamanan, mereka memiliki rasa optimisme yang mendasar bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih baik, bahwa mereka dapat menghadapi apa pun yang terjadi dan bahwa mereka akan dapat merasa bahagia kembali.

Berbagai Jenis Kebahagiaan

Terdapat banyak cara berbeda untuk berpikir tentang kebahagiaan, misalnya, seorang filsuf Yunani kuno, Aristoteles, dia membagi kebahagiaan menjadi dua, hedonia dan eudaimonia.

  • Hedonia. Kebahagiaan hedonis berasal atau bersumber dari kesenangan, hal ini paling sering dikaitkan dengan melakukan apa saja yang dirasa baik, perawatan diri, memenuhi keinginan, mengalami kenikmatan dan merasakan kepuasan.
  • Eudaimonia. Jenis kebahagiaan ini berasal dari mencari kebajikan dan makna, komponen penting dari kesejahteraan eudaimonia diantaranya adalah perasaan bahwa hidup Anda memiliki makna,nilai dan tujuan, hal ini lebih terkait dengan pemenuhan dari berbagai tenggun jawab, berinvestasi dalam tujuan-tujuan yang jangka panjang, kepedulian terhadap kesejahteraan orang lain dan memenuhi cita-cita pribadi.

Hedonia dan eudaimonia sekarang lebih dikenal didalam psikologi sebagai kesenangan dan makna, baru-baru ini, para psikolog telah menyarankan untuk menambahkan komponen ketiga yang berhubungan dengan keterlibatan, ini adalah berbagai perasaan dari suatu komitmen dan partisipasi dalam berbagai bidang kehidupan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang bahagia cenderung memiliki peringkat hidup yang cukup tinggi dalam hal kepuasan hidup eudaimonik dan berada di atas rata-rata dalam hal kepuasan hidup hedonis.

Beberapa jenis kebahagiaan yang mungkin termasuk ke dalam tiga kategori utama ini adalah :

  • Sukacita. Sebuah perasaan yang sering kali berlangsung singkat dan dirasakan pada saat ini.
  • Kegembiraan. Sebuah perasaan bahagia yang melibatkan penantian terhadap sesuatu dengan antisipasi yang positif.
  • Syukur. Sebuah emosi positif yang melibatkan rasa terima kasih dan penghargaan.
  • Bangga. Perasaan puas atas sesuatu yang telah berhasil Anda capai.
  • Optimisme. Sebuah cara dalam memandang hidup dengan pandangan yang positif dan penuh keyakinan.
  • Kepuasan. Jenis kebahagiaan ini melibatkan suatu rasa akan kepuasan.

Cara Menjadi Orang yang Lebih Bahagia

Jika Anda berada di sebuah lingkungan kerja yang kejam dan benar-benar terasa seperti jalan buntu, berhasil mendapatkan cara untuk dapat keluar dari sana adalah sumber kebahagiaan bagi Anda, tetapi bagi sebagian besar orang, terdapat berbagai tindakan harian yang dapat Anda lakukan untuk membuat diri Anda menjadi lebih bahagia, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi orang yang lebih bahagia.

  1. Kendalikan Pertumbuhan Anda Sendiri

    Pertumbuhan sering disebut sebagai satu-satunya bukti dari kebahagiaan, setiap hari Anda selalu memiliki pilihan, Anda dapat melangkah maju menuju pertumbuhan atau mundur untuk tetap berada di tempat yang aman.

  2. Jadikan Umpan Balik Sebagai Sebuah Hadiah

    Kebanyakan orang takut dengan yang namanya feedback, karena mereka menyamakannya dengan kritik dan hal-hal yang negatif, tetapi jika Anda dapat merangkai kembali pemikiran Anda untuk memperlakukan feedback / umpan balik sebagai hadiah yang dapat Anda terima dengan maksud yang baik, Anda dapat mengubahnya menjadi sesuatu yang positif.

  3. Jadikan Kesenangan Sebagai Bagian Dari Hari Anda

    Seserius apapun pekerjaan yang Anda punya, jangan lupa akan pentingnya kesenangan, lakukan apa yang Anda bisa untuk menghadirkan kesenangan ke dalam pekerjaan, sebagai contoh, Anda bisa menyediakan pembuat pop corn di ruang kerja atau kantor Anda dan habiskan waktu satu hari selama 15-20 menit setiap minggunya untuk bersantai dan membuat pop corn segar bersama dengan rekan kerja atau kolega Anda, walau hanya 15 menit sudah dapat membuat banyak perbedaan.

  4. Miliki Seorang Mentor yang Bisa Menasihati Anda

    Setiap orang berhak dan membutuhkan seorang mentor, memiliki seseorang yang lebih berpengalaman untuk dapat membantu Anda melangkah keluat dari perspektif Anda sendiri dan membuat tantangan-tantangan yang ada menjadi lebih bersahabat.

    Akan mudah membuat Anda merasa frustrasi dan menjadi tidak produktif ketika Anda memikirkan semuanya sendiri, cobalah untuk memiliki seseorang yang memiliki sudut pandang yang sama serta pengetahuan dan pengalaman yang lebih dari Anda.

  5. Berkolaborasi Sebanyak Mungkin

    Memiliki pemikiran sendiri adalah hal yang bagus, akan lebih baik jika Anda dapat bertukar pikiran tentang ide-ide Anda dengan orang lain, para pekerja yang paling bahagia dan paling efektif adalah bagian dari sebuah tim yang hebat, pikirkan cara Anda untuk dapat berkolaborasi dengan orang lain untuk merasa lebih bahagia dan merasa lebih didukung.

  6. Perhatikan Dengan Siapa Anda Menghabiskan waktu

    Perhatikan siapa -siapa yang bahagia dengan kebahagiaan Anda dan siapa-siapa yang sedih atas kesedihan yang Anda alami, inilah orang-orang yang pantas untuk mendapatkan waktu Anda dan orang-orang yang akan memberikan Anda kegembiraan, waktu yang Anda habiskan bersama orang-orang ini akan meningkatkan cadangan kebahagiaan dalam diri Anda.

  7. Temukan Arti Sebenarnya Dari Pekerjaan Anda

    Pekerjaan akan menjadi suatu hal yang berat ketika yang Anda kejar hanyalah uang yang cukup untuk kemudian dapat membayar semua tagihan yang Anda miliki, jika Anda dapat terhubung dengan gambaran besar dari apa yang Anda kerjakan, apa pun itu, maka Anda dapat membawa lebih banyak kepuasan masuk ke dalam hidup Anda.

  8. Jaga Sebuah Sumber Inspirasi Selalu Dekat Dengan Anda

    Untuk membantu Anda melewati masa-masa yang sulit dan penuh kebuntuan, seimpan sesuatu yang dapat membawa kebahagiaan atau berada di dekat Anda, itu bisa berupa foto keluarga Anda, mentor panutan, buku atau kumpulan kutipan motivasi yang seakan berbicara langsung kepada Anda.

  9. Rapikan Ruang Anda

    Untuk menjadi produktif, Anda perlu menjadi teratur, untuk menjadi benar-benar teratur, Anda perlu utnk merapikan diri, sebuah ruang kerja yang bersih, meja yang rapi dan lingkungan yang teratur dapat membantu Anda memberikan energi kepada diri sendiri untuk memulai tugas-tugas yang baru.

  10. Memberi Bantuan Tanpa Diminta

    Sering kali orang yang paling membutuhkan bantuan tidak memiliki kemampuan untuk memintanya, berlatihlah untuk membantu seseorang yang tampak kesulitan, baik mereka memintanya atau tidak, dan ingatlah untuk mencontohkan perilaku yang positif dengan juga mencotohkan dengan meminta bantuan ketika Anda sedang membutuhkannya.

  11. Jadikan Mindfulness Sebagai Sebuah Kondisi Pikiran Anda di Sepanjang Hari

    Mindfulness memungkinkan Anda untuk pasrah pada apa yang terjadi, melepaskan apa yang sudah terjadi dan memiliki keyakinan pada apa yang akan terjadi, tetap fokus dan manfaatkan hari-hari Anda dengan sebaik mungkin, apa pun yang sedang Anda lakukan.

  12. Jaga Kebugaran Fisik

    latihan fisik tidak hanya membantu Anda untuk tetap sehat dan hidup lebih lama, tetapi juga sebagai salah satu pemacu suasana hati yang paling dapat diandalkan, bankan dengan berjalan kaki selama 10 menit dapat mencerahkan kembali cara pandang Anda.

  13. Jangan Biarkan Amarah Mencuri Kebahagiaan Anda

    JAngan biarkan hal-hal kecil membuat Anda marah dan kemudian merampas kebahagiaan Anda, simpan amarah Anda untuk segala ketidakadilan dan situasi yang merugikan, sehingga Anda dapat membantu dalam membuat suatu perbedaan.

  14. Ingatlah Bahwa Anda Berharga

    Salah satu cara yang terbaik untuk dapat memupuk kebahagiaan adalah dengan meningat betapa berharganya diri Anda, hanya karena Anda ada, bukan karena apa yang telah Anda lakukan atau apa yang dapat Anda lakukan, tetapi karena semua kebaikan yang ada pada diri Anda beserta sifat-sifat yang Anda bawa ke dunia.

  15. Habiskan Waktu Bersama Orang-orang Yang Berpikiran Terbuka

    Orang-orang yang menghargai berbagai perspektif dan terbuka terhadap suatu perubahan adalah jenis teman terbaik yang bisa Anda miliki, mereka akan menginspirasi Anda untuk juga membuka pikiran Anda sendiri dan mau menerima ide-ide baru, pengalaman-pengalaman baru dan orang-orang baru.

  16. Menyederhanakan Segala Hal yang Tampak Rumit

    Jangan terlalu memikirkan sumber-sumber kebahagiaan Anda, menemukan apa dan siapa yang dapat membuat Anda bahagia dapat membuat segalanya jauh menjadi lebih sederhana.

  17. Maksimalkan Waktu Istirahat Siang Anda

    Jangan hanya untuk mengambil sesuatu untuk dimakan, tinggalkan meja kerja Anda dan makan siang bersama teman-teman, jalan-jalan, mengunjungi taman kota atau museum.

  18. Mendengarkan Musik

    Sebisa mungkin, dengarkan musik, musik yang tepat dapat membantu Anda untuk berkonsentrasi, menemukan ritme untuk bekerja dan bahkan ketika Anda membutuhkannya musik dapat menjadi sarana untuk melarikan diri.

  19. Pelajari Sesuatu yang Baru Setiap Hari

    Orang-orang yang selalu melakukan sesuatu hal yang baru, apakah itu mempelajari sebuah permainan, bepergian ke sebuah tempat asing dan lain sebagainya, terbukti memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi jika dibanding dengan orang-orang yang tetap berpegang pada hal-hal yang sudah mereka ketahui.

  20. Gesit dan Flksibel

    Sukses pada saat ini sangat membutuhkan keahlian untuk berpikir ulang, menyegarkan pikiran, bereaksi dan menemukan kembali diri Anda setia harinya, tetap santai dan lentur dalam pemikiran Anda dan selalu terbuka terhadap perubahan.

  21. Tidur yang Cukup

    Setiap hari, kita belajar lebih banyak seputar bebragai efek buruk dari kurang tidur, mulai dari kehilangan ingatan hingga penambahan berat badan, cukup tidur akan membantu Anda mempertahankan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi.

  22. Isitrahat Sejenak

    Istirahat singkat dan waktu tenang yang penuh dengan perhatian, dapat menenangkan pikiran Anda dan pada akhirnya akan membuat Anda lebih produktif.

Setiap hari, kita memiliki kesempatan untuk bahagia, membuat suatu perbedaan, menjalani dengan sepenuhnya dan meraih suatu kesuksesan, terserah dari kita masing-masing untuk memilih hal-hal yang dapat membuat kita bahagia dan membawa kebahagiaan ke dalam diri kita.