Cara Menjadi Orang yang Kaya Raya dan Bermanfaat

cara menjadi orang yang kaya raya

Kebanyakan orang, termasuk kita semua, ingin hidup dalam sebuah kenyamanan dan stabilitas finansial, kita semua ingin kaya, mampu untuk membeli apa pun yang kita inginkan dan memiliki akses ke suatu gaya hidup yang premium, meskipun tujuan akhirnya tampak jelas, tidak mudah untuk mengetahui dari mana Anda harus memulai perjalanan untuk menjadi kaya raya.

Sebelum Anda memulai perjalanan, penting untuk mengetahui bahwa untuk menjadi orang kaya raya membutuhkan waktu dan usaha, sangat sedikit cara instant untuk memiliki kekayaan dalam jumlah yang besar, dan jika ada biasanya hanya karena faktor keberuntungan.

Tidak semua orang beruntung bisa memenangkan lotre atau mewarisi kekayaan dari kerabat yang kaya raya, untuk menjadi kaya dalam banyak kasus perlu melibatkan banyak kerja keras, kesabaran dan waktu.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda menjadi orang yang kaya, tetapi pada intinya adalah terus-menerus dan konsisten dalam bekerja keras, mengendalikan keuangan pribadi Anda dan fokus pada hasil dan tujuannya.

Cara Menjadi Orang Kaya

Berikut beberapa cara menjadi orang kaya yang bisa Anda ikuti untuk memudahkan Anda dalam mengejar semua impian Anda.

  1. Tambah Nilai

    Sesuatu yang sama-sama dimiliki oleh banyak orang yang kaya dengan usahanya sendiri adalah bahwa mereka memiliki nilai dalam berbagai cara tertentu, bahkan banyak orang yang sudah kaya menjadi lebih kaya setelah berhasil menambahkan nilai pada diri mereka sendiri dan kemudian menambahkan nilai pada dunia.

    Misalnya, seorang ahli bedah sarah yang kaya dan memiliki bakat dan keahlian, ahli bedah ini akan mampu memberi nilai tambah bagi dunia setelah juga meningkatkan keahlian dan kualitas hidupnya sendiri.

    Menambahkan nilai pada diri sendiri adalah sebuah fondasi yang baik dalam memulai perjalanan Anda menjadi kaya, kembangkan beberapa pengetahuan atau keterampilan yang membuat orang dengan senang hati membayar Anda dalam julah besar, yakinkan orang-orang bahwa Anda layak untuk mendapatkan bayaran yang besar karena Anda akan memberi nilai tambah pada hidup mereka sebagai gantinya.

  2. Buat Pajak Untuk Diri Sendiri

    Konsep menabung bukanlah suatu hal yang baru, namun, sangat mudah untuk menguras tabungan Anda ketika Anda sedang sangat menginginkan sesuatu, kunci dalam mencapai tujuan Anda untuk membangun kekayaan adalah dengan benar-benar menabung dan menghemat pengeluaran Anda.

    Terdapat sebuah cara lain untuk melihat tabungan Anda dengan cara pandang lain, yaitu menganggapnya sebagai sebuah pajak, setelah Anda membayar pajak, Anda tidak akan pernah mendapatkan kembali dari seluruh jumlah yang telah Anda setorkan.

    Perlakukan tabungan Anda dengan cara yang sama, simpan uang di rekening tabungan atau transfer ke rekening yang benar-benar terpisah dimana Anda tidak dapat menyentuhnya, perlakukan tabungan Anda seperti uang yang tidak akan pernah Anda dapatkan kembali.

  3. Buat Sebuah Rencana dan Ikuti

    Meskipun banyak kisah sukses yang Anda lihat dan dengar didsarkan pada suatu keberuntungan, ini sepenuhnya tidaklah benar, mungkin memang ada keberuntungan dan peluang yang terlibat, tetapi kebanyakan orang kaya menjadi kaya karena melalui sebuah perencanaan dan disiplin yang cermat.

    Ini mencakup berbagai hal seperti anggaran dan jadwal, serta sebuah rencana tentang apa yang harus dilakukan di setiap langkah menuju kesuksesan, sangat penting untuk tidak mudah berpuas diri melainkan tetap melakukan yang terbaik dan dengan memiliki sebuah rencana dapat membantu memaksimalkan waktu yang tersedia bukan membuangnya dengan sia-sia.

  4. Berinvestasi

    Prinsip inti dari investasi yaitu pada akhirnya Anda menghasilkan lebih banyak uang daripada yang Anda belanjakan, namun, penting untuk dapat memilih investasi Anda dengan bijak, ada banyak tempat untuk dapat menginvestasikan uang Anda, tetapi bukan pekerjaan mudah untuk mengetahui yang mana yang akan menghasilkan keuntungan bagi Anda di masa depan.

    Anda bisa berinvestasi di real estat, pasar saham maupun reksadana, terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika berinvestasi, jadi, pastikan Anda dapat memikirkannya dengan cermat dan rasional, bicaralah dengan seorang pakar atau teman yang berpengalaman dalam berinvestasi sebelum Anda mengambil keputusan.

  5. Mulai Sebuah Bisnis

    Membangun sebuah bisnis memang lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, tetapi empat langkah sebelumnya telah meletakkan dasar untuk dapat memberi bekal pada diri Anda untuk dapat memulai bisnis Anda sendiri.

    Jika Anda memiliki bakat dalam berbisnis atau berkeinginan menjadi bos bagi diri sendiri, ini bisa menjadi sebuah langkah yang bagus untuk menhasilkan uang, namun, seperti yang akan dikatakan banyak pengusaha, membangun bisnis sendiri membutuhkan “biaya” yang sangat besar di muka dan pendapatan rendah di awal.

    Menjadi seorang wirausahawan bukan juga sebuah cara cepat untuk menjadi kaya raya, menjadi pengusaha merupakan sebuah perubahan yang besar dalam gaya hidup Anda, memiliki banyak cobaan dan hasil atau penghargaan yang unik, namun, ini bukanlah sebuah pilihan yang bisa dianggap enteng, dibutuhkan komitmen, ketabahan dan sedikit keberuntungan untuk sukses, meskipun membutuhkan banyak waktu dan usaha, menjadi seorang pengusaha adalah sebuah cara yang sangat mungkin untuk membantu Anda menjadi orang yang kaya raya.

  6. Bersyukur

    Menjadi orang kaya tidak hanya membutuhkan banyak faktor eksternal yang harus diterapkan, terdapat juga banyak faktor dari kepribadian yang harus diselaraskan agar Anda dapat berhasil dalam usaha apa pun yang Anda mulai, sangat penting untuk tetap rendah hati dan bersyukur atas setiap kemajuan yang telah Anda capai di setiap langkahnya.

    Tidak ada orang yang mau memberikan uangnya kepada seseorang yang tampak tidak menghargai uang yang telah diterimanya, menjaga agar hidup Anda tetap berada di dalam perspektif dan memiliki sikap yang penuh rasa syukur dan rendah hati adalah suatu kewajiban jika ingin menjadi orang kaya dijalan yang tepat.

  7. Kembangkan Kesabaran

    Ciri kepribadian penting lainnya untuk menjadi orang yang sukses dan kaya raya membutuhkan kesabaran, tidak ada hal besar yang dicapai dalam waktu semalam dan Anda tidak bisa menjadi kaya dalam hitungan hari, kemungkinan semua upaya Anda memerlukan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum mulai memberikan hasil.

    Sangat mudah untuk merasa frustrasi sejak awal, terutama ketika sepertinya terdapat orang-orang kaya baru yang menjadi berita viral setiap dua hari sekali, namun, penting untuk menyadari, bahwa kecepatan kesuksesan Anda tidaklah harus bersaing dengan kecepatan orang lain.

    Dalam jangka panjang, kesabaran bisa sangat bermanfaat, ini tidak berarti bahwa Anda harus berpuas diri atau menunggu sesuatu bukannya bergerak untuk mengambil resiko, sukses bisa memakan waktu yang lama dan dengan menjadi frustrasi bisa merusak semua usaha yang telah Anda keluarkan.

  8. Mengedukasi Diri Sendiri

    Mengedukasi diri Anda sendiri, tidak hanya di bidang pilihan Anda tetapi juga segala aspek yang ada di dunia, misalnya, selalu mengikuti berita dan update terbaru bisa menjadi sangat penting ketika Anda ingin membuat sebuah keputusan seputar investasi atau mencari tahu tentang tren yang akan datang, ketidaktahuan adalah pembunuh utama dalam setiap upaya menjadi orang yang sukses dan kaya raya.

    Artinya Anda harus terus mendidik diri Anda sendiri, Anda tidak boleh membiarkan berbagai peristiwa atau tren besar terlewati begitu saja, karena bisa saja terdapat sebuah ancaman atau pun peluang yang menyertainya, menjadi tetap sadar dan selalu mengedukasi diri sendiri seputar berbagai berita dan peristiwa terkini merupakan sebuah keharusan.

  9. Mengambil Resiko Dengan Cermat

    Tidak ada uang yang dihasilkan tanpa resiko di belakangnya, baik itu memulai sebuah bisnis atau berinvestasi di pasar saham, setiap cara untuk menghasilkan uang selalu membutuhkan beberapa resiko.

    Untuk dapat menghasilkan uang, Anda harus mengambil resiko bahwa usaha atau ude yang Anda miliki akan berjalan dengan baik, penting untuk memikirkan secara mendalam dan mengevaluasi berbagai kemungkinan hasil sebelum Anda memutuskan bahwa bisnis atau investasi tersebut sepadan.

    Mengambil resiko tanpa memikirkannya terlebih dahulu adala sebuah cara cepat untuk kehilangan uang, untuk dapat menghasilkan, Anda harus mengambil berbagai resiko, tetapi bukan berarti Anda langsung menyambar semua resiko itu, semua resiko yang ada wakib dan harus dihitung dengan cermat.

  10. Memberi Kembali

    Penting untuk memberi kembali kepada komunitas sekitar, hal ini mengacu kembali ke poin pertama tentang menambahkan nilai ke dunia di sekitar Anda, jika Anda telah berhasil menghasilkan uang, kembalikan sebagian dari itu untun suatu tujuan yang Anda yakini, dengan cara ini, Anda akan menambah nilai bagi dunia tentunya setelah memiliki nilai tambah bagi diri Anda sendiri.

    Manfaat lain dari memberi amal adalah orang-orang akan menganggap Anda sebagai sosok orang yang lebih baik ketika mereka melihat Anda telah memberi kembali ke berbagai tujuan yang juga mereka pedulikan, mereka cenderung menjadi lebih mempercayai Anda ketika mereka melihat bahwa Anda tidak berniat untuk menimbun semua uang yang telah mereka berikan kepada Anda, namun akan juga menguntungkan komunitas mereka pada gilirannya.

Daftar Orang Terkaya di Dunia

Dibawah ini adalah daftar dari 25 orang terkaya di dunia yang bisa menjadi contoh dan penyemangat bagi kita semua dalam meniti jalan menuju kesuksesan dan menjadi seseorang yang kaya raya serta bermanfaat bagi dunia terutama bagi lingkungan di sekitar kita.

PeringkatNamaKekayaan BersihUsiaNegara
1Jeff Bezos$196 Billion57United states
2Bill Gates$125.9 Billion65United states
3Bernard Arnault$122 Billion72France
4Mark Zuckerberg$101 Billion36United states
5Warren Buffett$100.3 Billion90United states
6Larry Page$91.8 Billion48United states
7Larry Ellison$91.2 Billion76United states
8Amancio Ortega$82 Billion84Spain
9Carlos Slim$60.35 Billion81N/A
10Sergey Brin$97.25 Billion47United states
11Michael Bloomberg$59 Billion79United states
12David Koch$50.5 BillionN/AUnited states
13Mukesh Ambani$57 Billion63India
14Charles Koch$54.2 Billion85United states
15S. Robson Walton$53.5 Billion76United states
16Jim Walton$53.3 Billion72United states
17Steve Ballmer$53.3 Billion65United states
18Ingvar Kamprad$52.8 Billion95N/A
19Liliane Bettencourt$42.3 Billion98France
20John Mars$41.6 Billion85United states
21Ma Huateng$34.6 Billion49China
22Francois Pinault$33.7 Billion84France
23Phil Knight$31.9 Billion83United states
24Sheldon Adelson$31.4 Billion87N/A
25Giovanni Ferrero$30.3 Billion55Italy

Menjadi orang kaya bisa berarti sesuatu yang berbeda-beda untuk tiap individu, beberapa orang sudah cukup senang dengan rumah berukuran layak dan pekerjaan berpenghasilan sedang, sementara lainnua ingin menjadi seorang milyarder, terlepas dima Anda merasa berada pada spektrum tersebut, langkah-langkah diatas dapat membantu Anda untuk mencapai tingkat kekayaan yang Anda inginkan, namun, sebelum Anda memulai, pastikan untuk memilah-milah keuangan Anda pada saat ini dan sehingga rekening bank Anda siap untuk berkembang.