Cara Menjadi Karyawan yang Baik dan Berprestasi

cara menjadi karyawan yang baik

Pendidikan tinggi sangat berperan penting dalam mengajarkan berbagai keahlian teknis, dari akuntansi, pemasaran, keuangan, teknik dan sebagainya, hal ini sangat penting karena semua oraganisasi atau perusahaan membutuhkan orang-orang dengan keahlian khusus untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Tapi ada beberapa hal yang sama-sama dibutuhkan, namun tidak terlalu ditekankan di perguruan tinggi, apa yang banyak orang sebut sebagai “soft skill“, diantaranya adalah adaptabilitas, akuntabilitas, kepositifan dan komunikasi, universitas tidak mengajarkan etiket atau kesabaran yang diperlukan untuk menjadi seorang karyawan yang berkinerja tinggi.

Sepuluh tahun pertama karier Anda akan menetapkan lintasan untuk sisa karier Anda, jadi dengan mengetahui rahasia menjadi seorang karyawan yang berkinerja tinggi sejak dini akan membantu Anda menjadi tak tergantikan, siap mendapatkan promosi dan menjadi layak untuk diangkat.

Mungkin beberapa orang percaya ini adalah sifat atau pesebuah pelajaran yang tidak bisa diajarkan, tapi ini tidak sepenuhnya benar, siapa saja dapat belajar bagaimana menjadi berkembang di tempat kerja jika mereka memiliki informasi dan motivasi yang tepat.

Apa itu Karyawan?

Karyawan adalah seorang individu yang dipekerjakan oleh pemberi kerja untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu.

Karyawan tersebut di pekerjakan oleh pemberi kerja setelah menjalani proses melamar dan wawancara dan kemudian menghasilkan keputusan untuk memilihnya sebagai karyawan, hal ini terjadi setelah pelamar dirasa paling memenuhi syarat untuk melakukan suatu pekerjaan yang pemberi kerja tawarkan, persyaratan kerja seseorang ditentukan oleh sebuah surat penawaran, kontrak kerja atau bisa juga secara lisan.

Apa Tugas Seorang Karyawan?

Seorang karyawan akan bekerja secara paruh waktu, penuh waktu atau sementara tergantung dengan perjanjian tugas yang di sepakati.

Seorang karyawan menukar berbagai keahlian, pengetahuan, pengalaman dan kontribusinya dengan imbalan atau kompensasi dari pemberi kerja.

Cara Menjadi Karyawan yang Baik

Meskipun informasi ini sangat penting bagi para lulusan baru, pelajaran-pelajaran tersebut dapat diterapkan dimanapun Anda berada dalam setiap perjalanan karier Anda, di bawah ini adalah beberapa rahasia dari para manajer yang memiliki kinerja tinggi di tempat kerjanya masing-masing seputar bagaimana cara menjadi seorang karyawan yang baik.

  1. Selalu Berani Angkat Tangan Anda

    Menjadi seorang pemain tim yang melakukan lebih dari sekedar menjadi seorang karyawan adalah sebuah kunci untuk menjadi seorang karyawan yang hebat, saat atas meminta Anda suatu bantuan, angkat tangan Anda untuk menerima suatu tantangan ekstra, karyawan yang menonjol selalu mengambil pekerjaan tambahan dari atasannya.

  2. Bersikap Proaktif

    Tidak perlu menunggu untuk ditanya atau diminta, selalu termotivasi untuk mencari berbagai tantangan, mengusulkan ide atau menawarkan diri membantu mengambilkan sesuatu untuk makan siangnya, seorang karyawan terbaik tidaklah pasif, mereka mengambil inisiatif dan mau melakukan berbagai hal.

  3. Bekerja Keras Untuk Menciptakan Nilai

    Di sekolah, Anda bisa saja menjadi malas atau tidak berusaha dengan keras di sepanjang waktu, tapi Anda tidak bisa bersikap begitu di dalam kehidupan kerja, Anda harus memiliki kinerja terbaik, selalu bekerja keras dan melakukan berbagai upaya terbaik di sepanjang waktu, buktikan jika Anda berbeda dari para kolega Anda, lihat di mana Anda dapat menambah nilai bagi tim Anda, atasan Anda dan bagi perusahaan tempat Anda bernaung.

  4. Berikan Solusi, Bukan Masalah

    Berbagai masalah dan tantangan akan muncul di setiap bidang pekerjaan, hal itu tidak bisa dihindari, seorang karyawan yang terbaik tidak hanya menyampaikan masalah kepada para atasan dan membiarkan mereka mengatasinya, meskipun Anda tidak selalu memiliki jawaban yang sempurna, bantulah atasan Anda dengan menunjukkan bahwa Anda telah memiliki beberapa opsi yang mungkin dapat dipertimbangkan.

  5. Jangan Mengeluh

    Tidak ada orang yang suka dengan seorang tukang mengeluh, terutama jika berada di lingkungan kerja, para manajer tidak tahan dengan para karyawan yang suka mengeluh tentang berbagai masalah kecil yang berada di luar kendali mereka, simpan semua keluhan Anda kepada teman, keluarga dan mungkin seorang sahabat Anda di tempat kerja, tetapi ingat, bukan atasan Anda, cobalah untuk selalu bersikap positif, hal ini bukan berarti Anda tidak dapat menantang ide-ide yang ada atau mempertanyakan beberapa hal.

  6. Ketahui Bahwa Anda Dapat Diganti

    Meskipun ini terdengar agak kasar, ini adalah kenyataannya, terutama pada awal-awal karier Anda, memiliki pola pikir bahwa ada seseorang yang sedang menunggu posisi Anda saat ini, dapat memberikan motivasi tambahan untuk bekerja dengan lebih giat.

  7. Buat Rencana Pengembangan

    Para top performer selalu membuat rencana pengembangan mereka sendiri, mereka tidak menunggu manajer mereka membuat sesuatu untuk mereka, karena biasanya itu tidak akan pernah terjadi, buat grafik dari jalur Anda sendiri untuk bertumbuh dan sampaikan berbagai tujuan atau goals Anda kepada manajer Anda, penting bagi Anda untuk memahami bahwa meskipun perusahaan Anda ingin melihat Anda sukses, perusahaan tetaplah perusahaan, memiliki tujuan-tujuannya sendiri.

  8. Jangan Pernah Berhenti Belajar

    Para karyawan terbaik tahu bahwa mereka tidaklah mengetahui segalanya dan oleh karena itu mereka terus berusaha untuk belajar, para orang yang memiliki kinerja terbaik masih membuat kesalahan, tetapi yang membedakan mereka dari yang lainnya adalah mereka mau belajar dari setiap kesalahan yang mereka buat.

  9. Mudah Beradaptasi

    Keadaan akan selalu berubah di sepanjang waktu, para karyawan terbaik mampu mengubah berbagai ekspektasi mereka dan beradaptasi dengan situasi-situasi yang baru, meskipun mungkin tidaklah nyaman, para karyawan yang berkinerja terbaik tahu bahwa hal itu tidaklah bisa dihindari dan mereka selalu berusaha untuk bersikap fleksibel.

  10. Jangan Mengharapkan Sebuah Promosi, Raihlah

    Tidak semua karyawan berhak mendapatkan sebuah promosi tiap tahunnya, promosi diperoleh ketika Anda berhasil menunjukkan kinerja bagus secara berkelanjutan.

  11. Tetap Profesional

    Apakah Anda mau memiliki seorang manajer yang sering melewatkan deadline, lupa menjawab email dan selalu bergosip tentang karyawan lain? Tentu saja tidak, jika Anda ingin maju, Anda juga tidak boleh menampilkan perilaku-perilaku tersebut.

  12. Mencari Peluang Kepemimpinan

    Baik itu menawarkan untuk menjadi pemimpin tim dalam sebuah project, menjadi sukarelawan untuk membimbing seorang karyawan junior atau mengambil sendiri tanggung jawab untuk melatih para karyawan magang, para karyawan yang menginginkan untuk dipromosikan tidak menunggu peluang-peluang kepemimpinan datang, mereka melihat sekitar, melihat dimana sosok pemimpin dibutuhkan lalu langsung terjun kedalamnya.

  13. Mendengarkan Feedback

    Umpan balik bisa jadi sulit untuk diterima, tetapi para karyawan terbaik telah menemukan cara bagaimana agar dapat menanggapinya dengan serius tanpa menganggapnya secara personal atau pribadi, dan yang lebih penting adalah bagaimana kemudian menerapkan berbagai feedback yang Anda terima.

  14. Menghindari Gosip

    Anda boleh dan harus mampu mengidentifikasi berbagai masalah yang ada di dalam perusahaan tempat Anda bekerja, tetapi Anda tidak boleh mengomentari masalah-masalah tersebut di ruang istirahat, yang memberi kesan bahwa Anda sedang mencari audiens bukannya solusi.

  15. Bersosialisasi

    Adil atau tidak, atasan akan mempromosikan orang-orang yang disukai untuk menghabikan waktu bersama, para karyawan yang dipromosikan biasanya seorang yang pekerja keras, tetapi mereka juga mampu membuatnya menjadi seperti happy hour.

  16. Tetap Nyaman Dengan Tekanan

    Mulailah untuk dapat merasa nyaman dalam setiap situasi yang penuh dengan tekanan, temukan cara Anda sendiri untuk dapat menempatkan diri ke dalam berbagai situasi yang tidak nyaman, jika Anda sering melakukan dan melatihnya, Anda akan lebih kebal terhadap berbagai tekanan ketika Anda telah terbiasa dengan stres.

  17. Tidak Khawatir Dengan Kesempurnaan

    Kesempurnaan adalah sebuah cita-cita yang ingin di capai oleh banyak dari kita, tetapi ketika Anda sudah terjun ke dalam dunia ini, kata ‘sempurna’ jarang muncul dalam berbagai rekomendasi kerja atau masuk ke dalam dasar dari promosi, apa yang lebih penting? Mencoba berbagai hal baru, mau terus belajar dan tumbuh dan terus berusaha untuk mencapai level berikutnya, bahkan jika Anda telah membuat satu atau dua kesalahan di sepanjang jalan.

  18. Terus Mencapai yang Lebih Tinggi

    Meskipun sebuah promosi adalah sesuatu yang layak untuk dirayakan, tetapi para karyawan sukses tidak melihatnya sebagai sebuah tujuan akhir, mereka melihatnya hanyalah sebagai satu langkah di sebuah jalur karier yang panjang.