Cara Mengecilkan Perut Secara Cepat dan Alami

cara mengecilkan perut

Banyak orang yang memiliki berat badan berlebih membawa banyak lemak di sekitar bagian tengah tubuhnya, lemak di area ini merupakan sebuah faktor resiko dari berbagai jenis kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Lemak di sekitar area perut bisa jadi sulit untuk dihilangkan, bahkan dengan cara diet dan olahraga, sering kali lemak perut menjadi bagian terakhir dari tubuh seseorang ketika menurunkan berat badan.

Terdapat banyak metode yang dapat digunakan seseorang dalam mengurangi lemak secara keseluruhan dan dalam hal mengecilkan serta mengencangkan perut.

Cara Mengecilkan Perut

Berikut beberapa teknik dan metode yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan perut kecil dan rata.

  1. Tambahkan Latihan Kardio

    Berlari telah terbukti dalam memangkas bagian tengah tubuh seseorang, latihan kardiovaskular atau aerobik adalah sebuah cara terbaik bagi seseorang dalam membakar kalori dan dalam meningkatkan kesehatan jantungnya.

    Terdapat banyak latihan kardio yang efektif dalam memangkas dan memperkuat bagian tengah tubuh seseorang, beberapa contoh diantaranya termasuk berlari, berjalan dan berenang.

    Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan aerobik kategori sedang hingga berat dapat mengurangi lemak pada orang yang kelebihan berat badan, bahkan tanpa adanya pengurangan pada asupan kalori.

  2. Makan Lebih Banyak Serat

    Serat dapat membantu membuat seseorang untuk merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi jumlah makanan yang mereka makan selama makan dan di antara waktu makan.

    Serat juga dapat menjaga fungis dari sistem pencernaan, sistem pencernaan yang sehat dapat mengurangi perut kembung dan menjaga perut tetap terlihat kecil dan langsung.

  3. Batasi Asupan Karbohidrat Olahan

    Karbohidrat adalah sebuah sumber energi bagi tubuh, tetapi tidak semua karbohidrat sama menyehatkannya, tubuh mengubah jenis karbohidrat tertentu, seperti roti putih dan pasta putih, menjadi glukosa, ketika seseorang mengkonsumsi lebih banyak glukosa daripada yang seharusnya diperlukan, tubuh akan menyimpan kelebihannya sebagai lemak.

    Seseorang yang ingin mengurangi jumlah lemak di sekitar bagian tengah tubuhnya wajib membatasi konsumsi dari karbohidrat olahan, karena karbohidrat sangat penting untuk energi, orang tetap harus mengkonsumsi beberapa varietas dari biji-bijian yang sehat.

  4. Tingkatkan Asupan Protein

    Protein menawarkan blok-blok dalam tubuh yang berguna untuk memperbaiki dan menumbuhkan otot-otot dan protein juga dapat membantu seseorang untuk merasa kenyang lebih lama.

    Sebuah penelitian kecil di tahun 2012 telah menemukan bahwa para orang yang mengkonsumsi protein berkualitas tinggi, seperti susu, telur dan daging sapi, memiliki persentase lemak perut yang lebih rendah.

  5. Lakukan Olahraga Sambil Berdiri, Bukan Duduk

    Anda harus memiliki untuk berdiri ketika sedang latihan mengangkat badan atau melakukan latihan ketahanan, berdiri sambil melakukan gerakan tertentu, seperti bicep curl, dapat membantu seseorang melibatkan otot inti ketika mengangkat beban, keterlibatan ini dapat membantu memperkuat otot ini dan memangkas area perut sehingga menjadi lebih kecil.

  6. Tambahkan Latihan Ketahanan

    Melakukan latihan ketahanan dapat membantu memastikan bahwa orang yang sedang berusaha mengurangi kalori tidak kehilangan massa ototnya, mengembangkan massa otot juga dapat membantu tubuh dalam membakar lebih banyak kalori ketika beristirahat.

    Beberapa jenis latihan ketahanan yang umum dilakukan diantaranya adalah angkat beban dan melakukan beberapa latihan yang menggunakan bebean tubuh sendiri, seperti squat dan lunge.

    Penelitian terhadap para remaja dengan obesitas menunjukkan bahwa penggabungan dari latihan ketahanan dan latihan kardio adalah sebuah cara yang terbukti efektif dalam mengurangi lemak tubuh.

  7. Makan Lebih Banyak Asam Lemak Tak Jenuh Tunggal

    Alpukat merupakan sebuah sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan, asam lemak tak jenuh tunggal, yang juga sering disebut orang sebagai “lemak baik”, banyak terdapat pada lemak yang berbentuk cair dengan temperatur suhu kamar.

    Sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan diantaranya adalah :

    1. Alpukat.
    2. Minyak zaitun.
    3. Minyak wijen.
    4. Kacang-kacangan.
    5. Selai kacang tanpa tambahan gula.

    Sebuah tinjauan di tahun 2016 telah menemukan bahwa diet yang kaya akan asam lemak tak jenih tunggal dapat membantu dalam mengurangi berat badan.

  8. Lebih Banyak Gerak

    Bagi orang yang ingin menghilangkan lemak pada perut dapat mencoba untuk menambahkan gerakan dan aktivitas tambahan di ke dalam rutinitas yang ada, terutama jika mereka yang biasanya menghabiskan sebagian besar harinya dengan duduk di kantor atau sekolah.

    Contoh beberapa aktivitas kecil tambahan yang bisa Anda coba :

    1. Naik tangga.
    2. Berjalan.
    3. Menggunakan meja berdiri.
    4. Peregangan.

    Salah satu penelitian bahkan menyatakan bahwa dengan menambahkan gerakan ekstra ini dapat membantu seseorang membakar hingga 2,000 kalori tambahan dalam sehari, tergantung pada berat badan dan tingkat aktivitas mereka.

  9. Ganti Minuman yang Berkalori Tinggi

    Minuman berkalori tinggi sering kali memberikan sedikit atau malah tidak sama sekali nutrisi dan meminumnya dapat membuat Anda menjadi mudah mengkonsumsi terlalu banyak kalori tambahan tanpa menyadarinya.

    Untuk dapat menghindari konsumsi kalori secara berlebihan dalam minuman, Anda dapat melakukan :

    1. Tukar jus dengan buah utuh yang kaya serat.
    2. Batasi atau hindari susu dan gula ketika minum kopi dan teh.

  10. Minum Air yang Cukup

    Minum segelas air sebelum makan bisa mengisi perut dan membantu dalam mengontrol porsi selama makan, Anda juga bisa minum air putih dengan menambahkannya dengan beberapa buah tambahan, seperti jeruk, mentimun atau beri untuk menambah rasa, minum teh herbal juga sebuah cara terbaik lainnya untuk tetap terhidrasi.

  11. Kerjakan Intinya

    Otot ini adalah otot yang berada di sekitar batang tubuh, yang meliputi otot perut dan otot punggung, bekerja pada inti dapat membantu seseorang untuk membentuk otot dan membakar lebih banyak kalori di sepanjang hari.

    Inti yang kuat juga akan mampu menopang tubuh selama melakukan berbagai latihan lainnya, termasuk latihan kardio dan ketahanan, sehingga mengurangi peluang terjadinya cedera.

    Membangun otot inti dapat membantu perut terlihat dan terasa kencang ketika seseorang telah berhasil menghilangkan lemak perutnya.

  12. Tidur yang Cukup

    Tidur sangat dibutuhkan bagi kesehatan secara keseluruhan, termasuk dalam menjaga berat badan yang sehat, penelitian di tahun 2018 menemukan bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi berbagai hormon yang mengatur nafsu makan dan dapat membuat merasa lebih lapar, para penulis pada penelitian tersebut mencatat bawa dengan meningkatkan durasi tidur dan meningkatkan kualitas tidur dapat membantu orang dalam menurunkan berat badan.

    Anda bisa mendapatkan lebih banya tidur dan meningkatkan kualitas tidur dengan :

    1. Menjauhkan barang-barang elektronik dari kamar tidur.
    2. Tidur 20-60 menit lebih awal dari biasanya.
    3. Melakukan peregangan ringan atau meditasi sebelum tidur.
    4. Mendapatkan cukup sinar matahari.
    5. Berolahraga secara teratur.
    6. Menghindari kafein dan alkohol sebelum tidur.

  13. Mengurangi Stres

    Terdapat hubungan antara stres dan beberapa masalah kesehatan, masalah ini termasuk dengan penambahan berat badan, yang mungkin terjadi karena beberapa orang memiliki kecenderungan untuk makan pada saat sedang stres, efek ini mungkin disebabkan oleh pelepasan kortisol, sebuah hormon stres yang juga dapat meningkatkan nafsu makan.

    Beberapa cara untuk meredakan stres adalah :

    1. Melakukan latihan aerobik.
    2. Berbicara dengan orang yang dicintai.
    3. Mencoba mindfulness.
    4. Memprioritaskan tugas-tugas penting.
    5. Beristirahat atau liburan.
    6. Menghindari mengerjakan terlalu banyak project.
    7. Meluangkan waktu untuk melakukan sebuah hobi yang menyenangkan.

  14. Jalan Kaki Selama 30 Menit Sehari

    Menambahkan jalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat membantu seseorang untuk membakar lebih banyak kalori, mengurangi stres dan bisa menjadi sebuah gerakan ekstra.

    Berjalan kaki selama 30 menit pada waktu makan siang dapat membantu mengurangi lemak yang membandel dan juga dapat membantu seseorang merasa lebih produktif di sore hari, sedangkan jalan kaki selama 30 menit setelah makan malam dapat membantu proses pencernaan dan menghentikan seseorang hanya menghabiskan waktu ini untuk duduk diam di depan televisi.

  15. Lacak Asupan Makanan Anda

    Membuat sebuah jurnal makanan dapat membantu Anda untuk merenungkan apa yang telah mereka makan dan menuntun mereka untuk membuat berbagai keputusan yang lebih sehat pada waktu makan dan ketika mengemil.

    Banyak orang terkadang meremehkan seberapa banyak mereka makan sepanjang hari atau lupa mengkonsumsi nutrisi utama, memilih suatu camilan yang tidak sehat sebagai gantinya, membuat sebuah jurnal malanan selama 1 atau 2 minggu dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi berbagai sumber dari kalori ekstra Anda.

  16. Makan Dengan Lebih Perlahan

    Dengan makan terlalu cepat, Anda tidak memberikan waktu bagi otak untuk mengenali sudah kenyang atau belum sampai Anda menyadari bahwa Anda telah mengkonsumsi terlalu banyak kalori selama makan, makan dengan cepat juga dapat menyebabkan seseorang menelan lebih banyak udara yang dapat menyebabkan gas berlebih dan perut kembung.

  17. Jangan Melewatkan Makan

    Makanlah setiap tiga atau empat jam dan itu termasuk menyediakan waktu untuk sarapan Anda, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang melewatkan makan pagi mengalami lonjakanhormon yang berhubungan dengan rasa lapar di kemudian hari, camilan yang teratur (camilan yang mencakup karbohidrat kompleks dan protein berserat) akan membuat Anda merasa kenyang dan tubuh Anda mampu membakar kalori dengan kecepatan yang stabil.

  18. Sempurnakan Postur Anda

    Tegakkan tubuh dan bentuk tubuh Anda akan membuat Anda langsung terlihat dengan lebih baik, ketika postur tubuh Anda bagus, Anda secara otomatis menarik dan juga mengencangkan otot-otot perut Anda.

  19. Seduh Kopi

    Manfat lain dari secangkir kopi, kopi berkafein adalah sebuah diuretik yang alami (ringan), yang dapat membantu Anda mengosongkan perut dengan menghilangkan kelebihan air di dalam tubuh, kopi juga dapat membuat buang air besar Anda menjadi lebih teratur sehingga dapat membantu perut Anda menjadi lebih rata.

  20. Hindari Permen Karet

    Karena dengan mengunyah akan memaksa Anda untuk menelan lebih banyak udara, hal ini juga dapat mencegah Anda masuk ke dalam skinny jeans Anda, jika Anda perlu menyegarkan napas, lebih baik Anda menghisap sebuah permen mint.

  21. Hindari Garam

    Untuk meminimalkan retensi air, turunkan asupan natrium Anda, artinya, Anda perlu untuk menghindari garam, sebagai gantinya, Anda bisa membumbui makanan dengan bumbu dan rempah lainnya.

  22. Jauhi Alkohol

    Alkohol bisa membuat perut Anda terasa kembung, untuk mendapatkan sebuah perut yang sempurna jauhi minuman apa pun yang mengandung alkohol di dalamnya.

Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut atau mendapatkan sebuah perut yang rata, menambahkan beberapa olahraga ekstra ke dalam rutinitas harian Anda, seperti meningkatkan asupan serat dan tidur yang cukup dapat membantu merampingkan lingkar pinggang Anda.

Referensi