Cara Mengatasi Kegagalan Dengan Baik dan Sehat

cara mengatasi kegagalan

Apakah promosi Anda ditolak oleh pihak kantor atau Anda tidak memenuhi syarat untuk mengikuti lomba maraton, gagal memang rasanya tidak enak, banyak orang akan berusaha keras untuk menghindari kegagalan sehingga mereka tidak perlu merasakan emosi-emosi yang menyakitkan.

Terdapat banyak alasan mengapa Anda mungkin merasa gagal, beberapa faktor yang mungkin berperan diantaranya adalah :

  • Rasa putus asa.
  • Kegelisahan.
  • Depresi.
  • Perasaan tidak berdaya.
  • Kurangnya hubungan yang memberi dukungan.
  • Rendah diri.
  • Membandingkan diri dengan orang lain.
  • Pembicaraan diri yang negatif.
  • Harapan yang tidak realistis.

Jika Anda mendapati diri Anda berpikir, “saya telah gagal”, penting untuk mengetahui bahwa terdapat hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk merasa lebih baik, mengetahui bagaimana menghadapi kegagalan dengan cara yang sehat bisa menghilangkan sebagian rasa takut yang disebabkan oleh kegagalan itu sendiri, sehingga Anda mampu bangkit kembali dan melakukan dengan lebih baik dari sebelumnya.

Manfaat Kegagalan

Sebelum kita menuju pada cara mengatasi kegagalan, alangkah baiknya jika Anda juga mengetahui berbagai manfaat yang bisa didapat dari kegagalan, agar Anda dapat lebih positif dalam memandang sebuah kegagalan yang terjadi dalam hidup, berikut beberapa manfaat dari kegagalan :

Kegagalan Membangun Karakter

Ketika Anda gagal, Anda mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang pekerjaan dan juga diri Anda, selain Anda tidak akan mengulangi kesalahan yang telah Anda buat, Anda juga mulai mengajukan berbagai pertanyaan yang lebih dalam untuk mempertimbangkan setiap skenario yang mungkin untuk dilakukan.

Kegagalan Membangun Kasih Sayang

Sulit untuk mengolok-olok seseorang yang sedang mengalami kegagalan yang sama seperti yang pernah Anda alami, Anda akan menemukan diri Anda mencari peluang untuk berbicara dengan rekan kerja yang sedang mengalaminya dan berbagi dengan mereka beberapa kekesalan Anda dan berusaha untuk membesarkan hatinya, percayalah, kegagalan akan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik.

Kegagalan Membangun Ketahanan Diri

Jika ada satu hal yang dapat Anda pelajari dari sebuah kegagalan tentu itu adalah ketekunan, J.K Rowling menyerahkan buku Harry Potter edisi pertama kepada 12 penerbit dan semuanya menolak karyanya tersebut, tetapi dia terus mencoba dan satu tahun kemudian, dia menemukan sebuah penerbit, kegagalan tidak membuatnya berhenti, kegagalan justru membuatnya semakin kuat.

Kegagalan Membangun Kreativitas

Kegagalan akan memaksa Anda untuk terus berpikir mencari cara-cara baru, pendekatan baru dan kegagalan sering kali memaksa diri untuk berpikir out of the box, jika Anda terus bangkit dan bangkit dari setiap kegagalan yang Anda alami, jangan heran jika orang lain melihat diri Anda seperti orang yang dilahirkan untuk menjadi kreatif.

Cara Mengatasi Kegagalan

Berikut beberapa cara mengatasi kegagalan yang sedang Anda hadapi agar Anda mampu untuk kembali berdiri tegak dan melanjutkan perjuangan dengan lebih baik.

  1. Rangkul Emosi Anda

    Kegagalan disertai dengan berbagai emosi, malu, cemas, marah, sedih dan merasa dipermalukan untuk beberapa saat, perasaan-perasaan itu tidaklah nyaman dan banyak orang akan melakukan apa saja untuk dapat menghindari perasaan yang tidak nyaman dengan cara yang juga emosional.

    Sebuah studi di tahun 2017 yang diterbitkan di dalam Journal of Behavioral Decision Making menyebutkan bahwa Anda tidak boleh mencoba melepaskan diri dari perasaan-perasaan buruk setelah mengalami kegagalan, para peneliti menemukan bahwa memikirkan emosi yang Anda rasakan, daripada memikirkan kegagalan itu sendiri, adalah yang paling membantu.

    Membiarkan diri Anda untuk merasa buruk bisa memotivasi, ini dapat membantu Anda untuk bekerja dengan lebih keras untuk menemukan solusi-solusi yang lebih baik sehingga Anda akan menjadi lebih baik di masa-masa mendatang.

    Jadi, lanjutkan dan terima semua emosi yang Anda rasakan, akui perasaan Anda dan biarkan diri Anda sejenak merasakan emosi-emosi yang tidak enak tersebut.

  2. Kenali Berbagai Upaya Tidak Sehat

    Anda mungkin akan tergoda untuk mengatakan, “saya sebenarnya tidak menginginkan pekerjaan itu”, meminimalkan rasa sakit Anda tidak akan membuatnya hilang, mengalihkan perhatian atau mengisi kekosongan yang Anda rasakan dengan makanan, obat-obatan atau alkohol juga tidak akan menyembuhkan rasa sakit Anda, hal-hal itu hanya akan memberi Anda kelegaan sementara.

    Kenali berbagai cara atau upaya yang tidak sehat yang bertujuan untuk menghindari atau meminimalkan rasa sakit dalam hidup Anda, beralih ke mekanisme penanggulangan yang lebih banyak merugikan daripada kebaikan hanya akan membuat situasi Anda menjadi semakin buruk.

  3. Berlatih Berbagai Keterampilan Mengatasi Kegagalan yang Sehat

    Menelepon teman, berlatih pernapasan dalam, mandi busa, berjalan-jalan atau bermain dengan hewan peliharaan hanyalah beberapa contoh cara yang sehat dalam mengatasi berbagai rasa sakit yang diakibatkan oleh kegagalan, namun, tidak semua keterampilan mengatasi kegagalan juga cocok untuk semua orang, penting untuk dapat menemukan apa yang bekerja untuk Anda.

    Jika Anda bergumul dengan kebiasaan-kebiasaan buruk ketika stres, seperti merokok atau makan makanan junk food, buatlah sebuah daftar keterampilan mengatasi masalah yang sehat dan gantung itu di tempat yang sering Anda lihat, kemudian gunakan daftar Anda untuk mengingatkan diri sendiri tentang strategi-strategi sehat yang dapat Anda lakukan ketika Anda merasakan ada yang tidak enak di dalam diri Anda.

  4. Berpikir Realistis Tentang Kegagalan

    Sebuah tinjauan di tahun 2016 terhadap 46 studi yang diterbitkan di dalam Clinical Psychology Review meneliti bahwa “gaya atrbusi yang lebih positif” adalah faktor yang kuat yang menentukan seberapa tangguh seseorang terhadap tekanan emosional yang disebabkan oleh kegagalan, dengan lata lain, memandang kegagalan sebagai sebuah hasil dari sesuatu yang spesifik dan eksternal bukan dari internal.

    Ketika Anda mendapati diri Anda berpikir bahwa Anda tidak punya sebuah harapan atau tidak ada gunanya untuk mencoba kembali, ubahlah pikiran Anda, ingatkan diri Anda tentang pemikiran yang lebih realistis tentang kegagalan yang terjadi, seperti :

    1. Kegagalan adalah sebuah tanda bahwa saya menantang diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang sulit.
    2. Saya mampu mengatasi kegagalan.
    3. Saya bisa belajar dari kegagalan.

    Anda mungkin perlu untuk mengulangi kalimat atau penegasan seperti contoh diatas untuk menangkal pikiran-pikiran yang negatif atau untuk menguatkan diri sendiri bahwa Anda mampu bangkit kembali.

  5. Terima Tingkat Tanggung Jawab yang Sesuai

    Sangat penting untuk menerima tingkat tanggung jawab yang tepat atas kegagalan yang Anda alami, mengambil terlalu banyak hal dapat membuat Anda menjadi menyalahkan diri sendri, di sisi lain, menyalahkan orang lain ata menyalakan keadaan yang tidak menguntungkan akan semakin menghalangi Anda untuk dapat belajar dari kegagalan tersebut.

    Ketika Anda sedang memikirkan kegagalan yang Anda alami, carilan penjelasan-penjelasannya, bukan malah berdalih, dengan mengidentifikasi berbagai alasan mengapa Anda gagal dan cari tahu apa saja yang bisa Anda lakukan di masa mendatang , tentunya dengan lebih baik.

  6. Riset Berbagai Kisah Kegagalan yang Terkenal

    Dari Thomas Edison hingga Walt Disney, selalu ada lisah-kisah kegagalan yang terkenal, luangkan waktu untuk meneliti orang-orang terkenal yang gagal, Anda mungkin akan menemukan bahwa mereka melakukan semua dengan berulang-ulang dan membutuhkan waktu yang lama dalam prosesnya.

    Banyak orang yang sukses kemudian gagal dan sering terjadi di setiap waktu, pelajari apa saja yang mereka lakukan untuk dapat bangkit kembali, Anda mungkin akan memepelajari seuatu keterampilan yang dapat membantu Anda dalam hidup Anda sendiri, juga akan sangat membantu jika Anda dapat melihat bahwa kegagalan adalah sesuatu yang dihadapi oleh semua orang di dunia.

  7. Tanya Pada Diri Anda Apa Yang Dapat Anda Pelajari

    Kegagalan bisa menjadi guru yang hebat jika Anda terbukan untuk mau belajar darinya, pikirkan tentang apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda di lain waktu, kemudian, Anda akan memastikan kegagalan Anda telah menjadi sebuah pelajaran hidup yang membantu Anda dalam mempelajari sesuatu.

    Alih-alih membuat kegagalan sebagai sebuah beban yang membebani Anda, lihatlah itu sebagai sebuah batu loncatan yang berguna untuk meraih semua tujuan Anda.

  8. Buat Sebuah Rencana Untuk Terus Maju

    Stelah Anda berhasil mengidentifikasi kesalahan-kesalahan Anda dan dimana Anda dapat mengambil pelajaran darinya, Anda akan siap untuk membuat sebuah rencana untuk melangkah maju ke depan, ingatlah bahwa memikirkan masalah Anda atau mengulangi kesalahan Anda akan membuat Anda menjadi terjebak, berhentilah berpikir, “saya telah gagal”, dan lebih fokus pada pemikiran, “saya mampu bangkit dan mencobanya kembali”.

    Dengan berbagai pembelajaran baru yang Anda miliki, pikirkan tentang apa yang akan Anda lakukan secara berbeda di masa mendatang, buatlah sebuah rencana yang dapat membantu Anda mempratikkan dan menerapkan semua informasi yang telah Anda peroleh.

  9. Hadapi Semua Ketakutan Akan Kegagalan

    Jika Anda telah menghabiskan sebagian besar hidup Anda untuk menghindari kegagalan, akan terasa sangat menakutkan ketika hal itu akhirnya terjadi, namun, menghadapi ketakutan Anda bisa menjadi kunci untuk mengurangi ketidaknyamanan yang di sebabkannya.

    Berlatihlah untuk keluar dari zona nyaman Anda, lakukan berbagai hal yang mungkin membuat Anda ditolak atau coba hal-hal yang bisa membuat Anda gagal, seiring berjalannya waktu, Anda akan belajar bahwa kegagalan tidaklah seburuk yang Anda bayangkan, hal ini justru akan membantu Anda belajar untuk menghadapi ketakutan akan kegagalan dengan cara yang lebih produktif dan kemudian membantu untuk mencapai semua tujuan Anda.

Terkadang, kegagalan bisa melemahkan kita, jika Anda kesulitan untuk berfungsi kembali dengan normal setelah mengalami kegagalan dalam suatu hal, pertimbangkan untuk mencari bantuan seorang profesional, apakah Anda mengalami sebuah pernikahan yang gagal atau bisnis yang gagal, berbicara dengan seorang ahli kesehatan mental dapat membantu Anda untuk bangkit kembali.