Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Cepat dan Alami

cara mengatasi hidung tersumbat

Mengalami kondisi hidung yang tersumbat memang bukanlah suatu hal besar yang perlu di khawatirkan secara berlebihan, namun ini sering kali dapat mengganggu berbagai aktivitas kita sehari-hari, bahkan untuk pekerjaan ringan sekalipun, pada artikel cara kali ini kita akan mengupas tuntas berbagai cara mengatasi hidung tersumbat yang semoga dapat membantu Anda mengatasi hidung tersumbat dengan lebih cepat.

Apa itu Hidung Tersumbat?

Hidung tersumbat terjadi ketika hidung, jaringan-jaringan serta pembuluh-pembuluh darah di sekitarnya membengkak karena terdapat cairan yang berlebih dan menyebabkan perasaan seperti tersumbat dan pengap.

Hidung tersumbat biasanya hanya mengganggu anak-anak yang lebih tua dan para orang dewasa, tapi hidung tersumbat bisa menjadi masalah yang seirus bagi anak-anak yang tidurnya terganggu oleh hidung yang tersumbat, atau bagi bayi yang mungkin menjadi sulit makan karena kondisi ini.

Penyebab Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai hal yang membuat jaringan-jaringan pada hidung menjadi iritasi atau meradang, berbagai infeksi, seperti suhu dingin, flu, sinusitis dan juga alergi sering menjadi penyebab dari kondisi hidung tersumbat dan pilek.

Terkadang hidung yang mampet dan meler juga bisa disebabkan oleh asap tembakau dan asap dari knalpot kendaraan, kondisi ini disebut dengan rinitis non alergi atau rinitis vasomotor, dalam suatu kondisi yang sangat jarang terjadi, hidung tersumbat juga dapat disebabkan oleh suatu tumor.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab dari kondisi hidung tersumbat :

  • Sinusitis akut (infeksi hidung dan sinus).
  • Alkohol.
  • Alergi.
  • Sinusitis kronis.
  • Sindrom Churg-Strauss.
  • Flu biasa.
  • Terlalu sering menggunakan semprotan hidung dekongestan.
  • Septum menyimpang.
  • Udara yang kering.
  • Kelenjar gondok membesar.
  • Makanan, terutama masakan pedas.
  • Benda asing di hidung.
  • Granulomatosis dengan polyangiitis (granulomatosis Wegener).
  • Perubahan hormonal.
  • Influenza (flu).
  • Pengobatan, seperti yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, disfungsi ereksi, depresi, kejang, dan kondisi lainnya.
  • Polip hidung.
  • Rinitis non alergi (hidung tersumbat atau bersin yang tidak berhubungan dengan alergi).
  • Asma akibat kerja.
  • Kehamilan.
  • Virus Respiratory Syncytial (RSV).
  • Apnea tidur.
  • Stres.
  • Gangguan tiroid.
  • Asap dari tembakau.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung Tersumbat dapat membuat Anda terjaga di malam hari, tetapi itu tidak harus terjadi,baca terus untuk mengetahui berbagai cara mengatasi hidung tersumbat di bawah ini yang bisa berguna untuk mengatasi hidung tersumbat di siang hari, malam hari dan sebelum tidur.

  1. Tahan Keinginan Untuk Membuang Ingus

    Hal yang wajar untuk mencari tisu ketika Anda mengalami hidung tersumbat, tapi sebenarnya tidak disarankan untuk membuang ingus, mengapa?

    Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat menghasilkan tekanan berlebih pada rongga hidung yang dapat menyebabkan cairan dari hidung masuk ke sinus Anda, hanya gunakan tisu untuk mengelap hidung meler, jika Anda memang benar-benar harus membuang ingus, pilih satu lubang hidung pada satu waktu dan tiup dengan lembut.

  2. Gunakan Akupresur

    Akupresur melibatkan penggunaan tangan Anda untuk mengaktifkan titik-titik tekanan tertentu, meskipun tidak menyembuhkan pilek, akupresur dapat membantu dalam mredakan tekanan sinus.

    Untuk menargetkan tekanan pada sinus Anda, gunakan jari telunjuk kiri dan kanan untuk menekan pangkal dari kedua sisi hidung Anda dan tahan sekitar tiga menit, untuk sakit kepala yang disebabkan oleh sinus, tekan jari Anda ke sudut paling dalam dari kedua alis selama tiga menit.

  3. Tetap Terhidrasi

    Lendir. yang terlalu kental bisa menempel di hidung dan dapat memperparah hidung yang tersumbat, minumlah cukup cairan yang berguna untuk mengencerkan lendir yang ada dan membantu mengeringkan sinus Anda.

    Jika Anda masuk angin atau flu, Anda harus menargetkan asupan cairan harian minimal sekitar 11,5 gelas (untuk wanita) hingga 15,5 gelas (untuk pria), Anda mungkin perlu minum lebih banyak cairan jika sedang mengalami demam, muntah-muntah atau diare.

  4. Makan Sesuatu yang Pedas

    Capsaicin adalah sebuah senyawa kimia yang di temukan pada cabai, senyawa ini memiliki efek penipisan pada lendir, makanan yang mengandung capsaicin mungkin dapat menawarkan bantuan ringan bagi hidung tersumbat untuk sementara waktu.

    Namun, capsaicin juga dapat merangsang sekresi lendir, yang juga bisa membuat hidung Anda menjadi lebih ingusan, saus pedas, kari dan salsa biasanya mengandung capsaicin, Anda harus menghindari makanan yang pedas jika Anda memiliki masalah pada perut Anda.

  5. Minum Dekongestan

    Dekongestan adalah suatu jenis pengobatan, dapat meredakan hidung tersumbat dengan mengurangi pembengkakan pada pembuluh darah di hidung, dekongestan dijual bebas sebagai semprotan hidung dan obat oral. Anda tidak memerlukan sebuah resep untuk membelinya, Anda mungkin ingin terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter Anda sebelum menggunakannya.

    Dekongestan sering dikombinasikan dengan obat-obatan penghilang rasa sakit (analgesik) dan antihistamin untuk efek yang lebih maksimal, beberapa varietas mengandung kafein khusus digunakan untuk siang hari dan mungkin akan membuat Anda tetap terjaga.

  6. Obat Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID)

    Tidak ada bukti bahwa Nonsteroidal anti-inflammatory drugs atau Obat antiinflamasi nonsteroid dapat secara efektif mampu mengobati gejala batuk yang berhubungan dengan pilek, namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa NSAID mungkin efektif dalam mengobati gejala flu lainnya, seperti :

    1. Bersin.
    2. Sakit kepala.
    3. Sakit telinga.
    4. Nyeri sendi dan otot.
    5. Demam.

    Beberapa NSAID tersedia tanpa mengharuskan sebuah resep, jenis yang umum ada di pasaran diantaranya ibuprofen (Motrin, Advil), naproxen (Aleve), dan aspirin, sakit asam lambung adalah salah satu efek samping yang umum terjadi.

  7. Gunakan Tablet Hisap Mentol

    Ketika dipicu, reseptor mentol dihidung dapat menciptakan sensasi seperti dilewati udara, meskipun mentol tidak benar-benar meredakan hidung yang tersumbat, mentol dapat membuat pernapasan terasa lebih mudah.

    Mentol dapat membantu mengatasi gejala-gejala pilek lainnya, seperti batuk atau sakit pada tenggorokan, tablet hisap mentol tersedia tanpa memerlukan sebuah resep dan memiliki sedikit efek samping.

  8. Hindari Minum Alkohol

    Jika Anda sudah mengalami hidung tersumbat, minum alkohol dapat memperburuk keadaan, sekitar 3,4 persen orang, mengkonsumsi alkohol telah memicu gejala pernapasan atas seperti bersin, hidung atau berair.

    Alkohol bersifat diuretik, artinya dapat meningkatkan produksi dari urin, ketika Anda meminumnya, tubuh Anda menjadi lebih sulit untuk dapat terhidrasi, ketika Anda mengalami dehidrasi, lendir Anda akan menjadi lebih kental dan tidak dapat mengalir dengan mudah.

    Alkohol juga dapat berdampak negatif pada kualitas tidur Anda, jika Anda sedang sakit, apapun itu, sebaiknya hindari alkohol sama sekali.

  9. Hindari Kafein Setelah Jam 2 Siang

    Kafein adalah sebuah stimulan yang dapat ditemukan dalam teh, kopi dan soda, kafein dapat memberikan Anda sebuah dorongan energi ketika Anda merasa sedang tidak enak badan, tetapi mungkin memiliki efek diuretik ringan.

    Jadi, jika Anda mengalami kesulitan untuk tetap terhidrasi dengan cairan, Anda tentunya tidak ingin mengambil resiko apa pun yang justru dapat menambah potensi dehidrasi dan membentuk lendir yang kental.

    Kafein dan tidur juga bukan sebuah pasangan yang cocok, menurut sebuah penelitian yang tercatat di Journal of Clinical Sleep Medicine, mengkonsumsi kafein hingga enam jam sebelum waktu tidur dapat menyebabkan gangguan tidur.

  10. Jauhkan Hewan Peliharaan Dari Kamar Tidur

    Betapapun manis dan penuh kasih sayangnya mereka, hewan peliharaan Anda mungkin membawa efek negatif pada kualitas udara di kamar Anda, bulu kucing dan anjing adalah jenis alergen umum yang dapat memicu gejala-gejala alergi, termasuk hidung yang tersumbat.

    Meskipun Anda mungkin perlu berusaha keras untuk menjauhkan hewan peliharaan dari kamar, hal ini akan membuat dan membantu Anda untuk bernapas lebih mudah di malam hari.

  11. Makan Sup Ayam

    Obat flu dari nenek Anda mungkin ada gunanya, penelitian menunjukkan bahwa sup ayam kemungkinan memiliki beberapa manfaat dalam pengobatan, diantaranya efek antiinflamasi ringan.

    Meski hasilnya tidak sepenuhnya meyakinkan, sup ayam memang terbukti mengandung berbagai nutrisi penting dan mampu meningkatkan hidrasi dalam tubuh, dengan kata lain, tidak ada salahnya jika Anda ingin menikmati semangkuk sup ayam di malam hari.

  12. Minum Teh Hangat

    Teh memiliki sifat antivirus, antiinflamasi dan antioksidan, meskipun tidak terdapat bukti bahwa teh dapat menghilangkan hidung tersumbat, penelitian menunjukkan bahwa minuman panas dapat meningkatkan perasaan para penderita terhadap gejala-gejala pilek mereka.

    Menambahkan madu atau lemon ke dalam teh dapat memberikan manfaat dan kelegaan tambahan, madu dapat meredakan batuk, sedangkan lemon dapat membantu dalam melawan infeksi, di malam hari, pilihlah jenis teh yang bebas kafein.

  13. Berkumur Dengan Air Garam

    Dokter menganjurkan berkumur dengan air garam untuk meredakan sakit pada tenggorokan, meskipun ini bukanlah sebuah obat, hal ini dapat membantu untuk mengeluarkan virus.

    Berkumur dengan air asin tidaklah mahal dan mudah untuk dilakukan, campurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan kumur seperlunya.

  14. Coba Sebuah Uap Wajah

    Mengencerkan lendir pada rongga hidung Anda sehingga mengurangi penyumbatan, cara termudah untuk membuat uap wajah Anda sendiri adalah dengan menggunakan air panas di dapur atau kamar mandi Anda.

    Untuk melakukannya, Anda bisa mengisi satu mangkuk besar dengan air panas, letakkan handuk di atas kepala Anda (untuk menahan uap) dan letakkan wajah Anda di atas mangkuk, tarik napas dalam-dalam, berhati-hatilah agar wajah Anda tidak melepuh terkena air atau uap panas.

  15. Mandi Air Panas

    Mandi air panas juga dapat meredakan hidung yang tersumbat dengan mengencerkan lendir, ubah pancuran Anda ke suhu yang panas namun tetap nyaman.

    Pastikan untuk menutup pintu kamar mandi agar uap dapa terkumpul, setelah uap terkumpul, tarik napas dalam-dalam untuk membersihkan sinus Anda.

  16. Gunakan Larutan Garam

    Terdapat bukti bahwa bilasan air asin terkadang dikenal sebagai irigasi hidung dapat memperbaiki hidung tersumbat dan gejal-gejala terkait.

    Neti pot adalah sebuah wadah kecil yang digunakan dengan larutan air asin untuk membilas lendir dari hidung dan sinus, ketika melakukan pembilasan dengan air garam penting untuk hanya menggunakan air suling, Anda juga bisa merebus air dan membiarkannya mendingin hingga mencapai suhu ruangan.

  17. Gunakan Semprotan Hidung Kortikosteroid

    Kortikosteroid adalah sejenis obat yang dapat mengurangi peradangan, semprotan hidung kortikosteroid digunakan untuk mengobati hidung tersumbat yang berhubungan dengan peradangan, pilek dan bersin-bersin.

    Obatobatan ini adalah salah satu obat yang paling efektif di antara beberapa obat untuk mengatasi hidung tersumbat, memiliki efek samping yang ringan seperti kulit kering dan mimisan, tersedia di pasaran tanpa memerlukan sebuah resep.

  18. Minum Antihistamin

    Histamin adalah sebuah hormon yang berperan penting dalam reaksi alergi, Antihistamin memblokir efek dari histamin, membantu mengatasi bersin-bersin, hidung tersumbat dan gejala-gejala alergi lainnya.

    Sebagian besar toko obat menjual antihistamin, mengantuk adalah salah satu efek samping yang paling umum terjadi dari jenis antihistamin tertentu, jadi sebaiknya diminum sebelum waktu istirahat, jika Anda khawatir tentang efek samping lainnya, bicarakan dengan apoteker Anda.

  19. Diffuse Minyak Esensial di Kamar Tidur

    Minyak esensial dapat membantu mengatasi penyumbatan sinus, namun tidak ada cukup penelitian yang dapat diandalkan untuk mengetahuinya secara pasti.

    Sebuah ulasan menemukan bahwa minyak pohon teh memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba, yang menunjukkan bahwa minyak pohon teh dapat membantu mengatasi hidung yang tersumbat.

    Studi lainnya menyelidiki efek dari komponen utama dalam minyak kayu putih, yang disebut dengan “1,8-cineole”, mengkonsumsi cineole dalam bentuk kapsul ternyata dapat memperbaiki gejala sinus.

    Minyak peppermint mengandung mentol yang dapat membuat Anda merasa lebih mudah untuk bernapas, Anda dapat menggunakan sebuah diffuser untuk menyebarkan minyak esensial di kamar tidur Anda.

  20. Gunakan Humidifier di Kamar Tidur Anda

    Humidifier atau pelembab udara dapat menambah kelembapan ke udara dan beberapa juga dapat menambah panas, meskipun belum menunjukkan manfaat yang konsisten dalam mengobati gejala pilek, humidifier dapat membuat Anda merasa lebih mudah untuk bernapas.

    Udara kering dapat menfiritasi tenggorokan dan saluran hidung, jika udara di kamar Anda terlalu kering, sebuah pelembab udara dapat membantu, Anda juga harus membersihkan kamar Anda secara teratur untuk menghindari pertumbuhan dari bakteri dan jamur.

  21. Jaga Kamar Tidur Tetap Sejuk dan Gelap

    Ketika Anda sedang sakit, hal-hal kecil dapat menghalangi Anda untuk dapat tertidur, misalnya, Anda mungkin merasa lebih sensitif terhadap fluktuasi cahaya ataupun suhu.

    Jaga suhu di kamar Anda agar tetap sejuk dan gunakan tirai yang tidak tembus pandang untuk memastikan cahaya luar tidak mempengaruhi tidur Anda.

  22. Oleskan Sebuah Nasal Strip

    Nasal strip atau strip hidung dapat membantu membuka saluran hidung sehingga meningkatkan pernapasan, strip hidung juga dapat meningkatkan pernapasan ketika hidung sedang tersumbat.

    Anda bisa membeli nasal strip di sebagian besar apotek, ikuti petunjuk yang terdapat di kemasan.

  23. Olesakan Dada Dengan Minyak Esensial

    Minyak esensial dianggap dapat membantu meredakan gejala-gejala dari pilek dan membantu untuk tidur, meskipun tidak banyak penelitian seputar efektifitasnya, pada umumnya hal ini aman untuk dilakukan.

    Anda dapat menggunakan minyak esensial untuk membuat minyak oles Anda sendiri, minyak kayu putih, peppermint dan minyak pohon teh adalah beberapa contoh dari minyak esensial yang dipercaya memiliki sifat melawan dingin, pastikan Anda mengencerkan campuran minyak esensial dengan minyak campuran untuk mencegah iritasi pada kulit.

  24. Gunakan Sebuah Menthol Chest Rub

    Pijat dada atau uap yang dijual bebas bisa digunakan pada area leher dan dada, kebanyakan mengandung mentol,kamper atauminyak kayu putih, menggosok dada tidak menyembuhkan gejala di hidung, tetapi dapat menungkatkan kualitas dari tidur Anda.

  25. Sangga Kepala Anda

    Tidur dengan posisi kepala terangkat dapat membantu mengeluarkan lendir dan mengurangi tekanan pada sinus, berbaring telentang dan gunakan bantal ekstra untuk menopang kepala Anda.

Kapan Harus ke Dokter

Kondisi hidung tersumbat biasanya bukan sebuah alasan untuk Anda menjadi khawatir, hal ini biasanya disebabkan oleh alergi musiman, serangan sementara dari jenis flu biasa atau sinusitis.

Meskipun kebanyakan orang dapat mengobati kondisi hidung tersumbat secara mamndiri di rumah masing-masing, kelompok orang tertentu harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang lebih tepat, beberapa kelompok orang ini diantaranya adalah :

  • Bayi.
  • Para orang tua yang berusia di atas 65 tahun.
  • Orang-orang yang memiliki gangguan pada sistem kekebalan tubuhnya.

Meskipun Anda yakin tidak termasuk ke dalam salah satu dari kelompok ini, Anda harus menemui seorang dokter jika gejala Anda telah berlangsung selama lebih dari seminggu atau menjadi semakin buruk.

Anda juga harus menemuis dokter jika mengalami :

  • Kesulitan bernapas.
  • Demam tinggi.
  • Cairan hidung berwarna kuning atau hijau disertai sinus atau demam.
  • Keluarnya cairan dari hidung seperti darah atau nanah.