Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Secara Mandiri

cara mengatasi ejakulasi dini

Masalah seksual, termasuk ejakulasi dini, relatif umum terjadi, ejakulasi dini terjadi ketika seorang pria mencapai klimaks sebelum dirinya atau pasangannya mengigninkannya ketika sedang berhubungan seks, para pria yang mengalami ejakulasi dini cenderung mengalami orgasme dalam satu menit setelah dirangsang secara seksual dan biasanya tidak dapat menunda datangnya ejakulasi.

Kondisi ejakulasi dini mempengaruhi sebanyak 1 dari 3 pria dan menyebabkan rasa frustrasi dan kecemasan, akibatnya, beberapa pria dengan ejakulasi dini mungkin ingin menghindari seks, tapi terdapat beberapa perawatan yang bisa membantu permasalahan ini.

Gejala Ejakulasi Dini

Gejala utama dari ejakulasi dini adalah ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi lebih dari satu menit setelah penetrasi, namun, masalah ini mungkin dapat terjadi dalam semua situasi seksual bahkan selama masturbasi.

Ejakulasi dini dapat diklasifikasikan sebagai :

  • Seumur hidup (primer). Ejakulasi dini seumur hidup terjadi di semua atau hampir di sepanjang waktu, dimulai dengan hubungan seksual pertama Anda.
  • Diperoleh (sekunder). Ejakulasi dini yang didapat dan berkembang setelah Anda memiliki berbagai pengalaman seksual sebelumnya yang tanpa masalah ejakulasi dini.

Banyak pria merasa memiliki gejala dari ejakulasi dini, tetapi gejalanya tidak memenuhi kriteria diagnostik untuk sebuah ejakulasi dini, sebaliknya, orang-orang ini mungkin mengalami ejakulasi dini variabel yang alami, yang mencakup periode ejakulasi cepat serta periode ejakulasi normal.

Penyebab Ejakulasi Dini

Penyebab pasti dari ejakulasi dini belum diketahui, meskipun dulunya hanya dianggap sebagai dampak dari kondisi piskologis tertentu, para dokter kini mengetahui bahwa ejakulasi dini juga melibatkan sebuah interaksi yang kompleks antara faktor-faktor psikologis dan biologis.

Penyebab Psikologis Dari Ejakulasi Dini

Beberapa faktor psikologi yang mungkin berperan dalam terjadinya ejakulasi dini diantaranya :

  • Pengalaman seksual awal.
  • Pelecehan seksual.
  • Citra tubuh yang buruk.
  • Depresi.
  • Rasa khawatir tentang ejakulasi dini.
  • Perasaan bersalah yang meningkatkan kecenderungan Anda untuk terburu-buru melakukan hubungan seksual.

Berbagai faktor lainnya yang juga Dapat Berperan adalah :

  • Disfungsi ereksi. Para pria yang cemas untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi selama berlangsungnya hubungan seksual mungkin dapat membentuk pola ingin cepat-cepat ejakulasi, yang mungkin cukup sulit untuk diubah.
  • Kecemasan. Banyak pria dengan ejakulasi dini juga memiliki masalah dengan kecemasan.
  • Masalah hubungan. Jika Anda pernah memiliki hubungan seksual yang memuaskan dengan pasangan lain dimana ejakulasi dini jarang terjadi atau tidak terjadi sama sekali, kemungkinan masalah interpersonal antara Anda dan pasangan Anda saat ini berkontribusi pada masalah tersebut.

Penyebab Biologis Dari Ejakulasi Dini

Sejumlah faktor biologis dapat menyebabkan ejakulasi dini, diantaranya adalah :

  • Tingkat hormon yang tidak normal.
  • Tingkat bahan kimia otak yang tidak normal yang disebut neurotransmitter.
  • Peradangan dan infeksi pada prostat atau uretra.
  • Keturunan.

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Berikut beberapa cara mengatasi ejakulasi dini yang dapat Anda ikuti dengan mudah.

  1. Pengobatan Herbal Ayurveda

    Ayurveda adalah sebuah pengobatan tradisional yang berasal dari India, memiliki ribuan jenis jamu-jamuan yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit, mulai dari diabetes hingga peradangan, obat Ayurveda tertentu, seperti kaunch beej, kamini vidrawan ras dan yauvanamrit vati, telah dianggap dapat mengobati masalah ejakulasi dini bila diminum dalam bentuk kapsul sebanyak dua kali sehari dengan air hangat, pengobatan Ayurveda ini juga telah digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi.

    Sebuah penelitian pada pengeobatan sexual di tahun 2017 menemukan bahwa para pria yang menggunakan pengobatan dari Ayurveda mendapatkan perubahan secara signifikan terhadap peningkatan waktu yang dibutuhkan untuk mengalami ejakulasi ketika berhubungan seksual, efek samping yang diketahui mungkin akan dialami oleh para pengguna adalah :

    1. Sakit perut.
    2. Pusing.
    3. Nyeri ringan.
    4. Penurunan libido.

  2. Jamu Cina

    Dosis mingguan atau harian jamu Cina, terutama tablet Yimusake atau pil Qilin, dianggap dapat mengobati ejakulasi dini dengan meningkatkan stamina seksual dan meningkatkan energi, penelitian terhadap pengobatan seksual yang sama seperti di poin pertama, telah menemukan bahwa berbagai jenis jamu Cina dapat meningkatkan waktu ejakulasi sekitar dua menit, efek samping yang diketahui dari pengobatan ini adalah :

    1. Sakit perut.
    2. Pusing.
    3. Nyeri ringan.
    4. Penurunan libido.

  3. Krim Topikal

    Krim anestesi topikal yang dijual bebas mengandung zat pengurang rasa yang dapat mengobati ejakulasi dengan mengurangi sensasi dan menunda klimaks, oleskan krim ke penis Anda 10 hingga 15 menit sebelum berhubungan seks agar efektif.

    Penelitian terhadap pengobatan seksual di tahun 2017 menemukan bahwa krim topikal dapat dapat membantu meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk ejakulasi dalam beberapa menit, meskipun secara umum masih dapat di toleransi dengan baik, krim anestesi dapat menyebabkan :

    1. Nyeri ringan.
    2. Sensasi terbakar ringan.
    3. Penurunan libido.
    4. Hilangnya sensitivitas sementara.

  4. Semprotan Lidokain

    Layaknya krim topikal, semprotan lidokain dapat membantu mengobati ejakulasi dini dengan menghilangkan kepekaan pada penis dan mengurangi hipersensitivitas, gunakan semprotan selama 10 hingga 15 menit sebelum berhubungan seks agar bekerja maksimal, efek samping yang telah diketahui diantaranya adalah penurunan libido dan hilangnya sensitivitas sementara.

  5. Suplemen Zinc

    Zinc atau seng tidak hanya berguna bagi kekebalan tubuh yang sehat dan pertumbuhan sel, mineral esensial juga dapat membantu memproduksi testosteron serta meningkatkan libido dan energi Anda.

    Penelitian juga telah menemukan hubungan antara kekurangan seng dan disfungsi seksual pada pria, dengan mengkonsumsi 11 miligram seng per hari, sesuai dengan jumlah yang disarankan, dapat meningkatkan durasi pada hubungan seksual.

    Sebuah penelitian di tahun 2009 yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa suplemen seng dapat meningkatkan testosteron yang berguna memperbaiki masalah seksual seperti ejakulasi dini, namun, mengkonsumsi terlalu banyak zinc atau seng dapat menyebabkan :

    1. Mual.
    2. Muntah.
    3. Diare.
    4. Kerusakan pada ginjal dan lambung.
    5. Rasa logam di mulut Anda.

  6. Perubahan Pola Makan

    Selain seng, berdasarkan penelitian, magnesium juga memiliki peran dalam kesehatan seksual Anda dan berperan dalam masalah ejakulasi dini, memasukkan makanan yang kaya akan seng dan magnesium ke dalam menu makanan Anda dapat membantu meningkatkan durasi yang dibutuhkan untuk mencapai klimaks, makanan yang kaya akan seng dan magnesium diantaranya adalah :

    1. Tiram.
    2. Biji labu.
    3. Kedelai.
    4. Yogurt.
    5. Bayam.
    6. Sereal biji gandum.
    7. Kacang almond.
    8. Kacang merah.
    9. Buncis.
    10. Biji wijen.
    11. Daging sapi dan domba.
    12. Coklat hitam.
    13. Bawang putih.
    14. Kacang polong.

  7. Teknik Pause-Squeeze

    Teknik pauze-squeeze dapat membantu mengatasi ejakulasi dini dengan membiarkan gairah berkurang sebelum mencapai klimaks, ketika Anda merasa siap untuk ejakulasi, berhentilah sejenak dan minta pasangan Anda meremas ujung dari penis Anda di tempat bagian kepala bergabung dengan batang.

    Minta pasangan Anda menahan tekanan selama beberapa detik hingga Anda tidak ingin mencapai klimaks lagi, ulangi proses ini sebanyak yang Anda perlukan, hingga pada akhirnya, Anda mungkin bisa menunda ejakulasi tanpa memerlukan bantuan.

  8. Teknik Stop-Start

    Teknik stop-start juga dikenal sebagai pengendali orgasme, dapat membantu Anda menunda klimaks dengan menarik diri dari kenikmatan, ketika Anda merasakan dorongan untuk berejakulasi, hentikan aktivitas seksual secara sepenuhnya, setelah Anda merasa menjadi kurang terangsang, secara perlahan-lahan mulailah melakukan aktivitas seksual kembali, ulangi proses ini sebanyak yang Anda perlukan untuk membantu Anda dalam mengontrol ejakulasi.

  9. Latihan Dasar Panggul

    Memperkuat otot-otot dasar panggul dapat berdampak besar pada berapa lama Anda mencapai klimaks, terdapat penelitian di tahun 2014 menemukan bahwa latihan dasar panggul dapat membantu pria yang berurusan dengan ejakulasi dini selama hidupnya sehingga dapat membantu dalam mengendalikan refleks ejakulasi mereka, juga meningkatkan waktu bagi mereka untuk mencapai klimaks, untuk melakukannya Anda bisa melakukannya seperti petunjuk dibawah ini :

    1. Temukan otot-otot yang tepat dengan cara berhenti di tengah aliran ketika Anda buang air kecil atau Anda bisa kencangkan bagian otot yang menghentikan Anda mengeluarkan gas.
    2. Ketika berbaring, kontraksikan otot-otot dasar panggul Anda selama 3 detik, lalu relaks selama 3 detik, lakukan setidaknya sebanyak 10 kali secara berturut-turut, ulangi sebanyak 3 kali sehari.
    3. Tingkatkan jumlah detik secara bertahap ketika otot Anda mulai menjadi kuat, coba posisi baru, seperti berdiri, berjalan atau duduk.
    4. Jangan lupa untuk bernapas dan ingatlah untuk fokus hanya pada otot dasar panggul Anda, jangan kencangkan perut, paha atau bokong Anda.

  10. Kondom ‘Climax control’

    Kondom, secara umum, dapat menurunkan sensitivitas dan mencegah Anda berejakulasi dengan lebih awal, tetapi terdapat juga kondom pengatur klimaks yang dijual bebas yang terbuat dari bahan lateks yang lebih tebal atau mengandung zat pengurang rasa yang ditujukan untuk menunda klimaks.

  11. Onani

    Masturbasi satu atau dua jam sebelum Anda melakukan aktivitas seksual dapat membantu dalam menunda ejakulasi selama penetrasi, pelepasan seksual ini akan menambah durasi yang dibutuhkan untuk mencapai klimaks.

  12. Hindari Seks Untuk Jangka Waktu Tertentu

    Ini mungkin terlihat berlawanan denagn intuisi, tetapi berfokus pada jenis aktivitas seksual lain daripada hubungan seksual dapat membantu menghilangkan tekanan dari hubungan seksual Anda, penetrasi bukan satu-satunya cara untuk dapat mencapai kepuasan seksual, jadi pikirkan cara lain yang dapat membuat Anda dan pasangan bisa merasakan kenikmatan yang tidak menyebabkan Anda tertekan atau frustrasi.

Ejakulasi dini adalah suatu jenis keluhan seksual yang normal dan umum terjadi pada 40 persen pria di Amerika Serikat, salah satu pengobatan rumahan dan perawatan alami diatas dapat membantu Anda dalam mengelola gejala-gejala Anda, tetapi jika ejakulasi dini terus berlanjut, Anda dianjurkan untuk menemui seorang dokter untuk menyingkirkan berbagai penyebab dan mencari pilihan-pilihan pengobatan lainnya.