Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami dan Penyebabnya

cara mengatasi bau mulut

Beberapa orang ditegur oleh orang lain karena memiliki bau mulut ketika mereka merasa bahwa tidak ada masalah dengan bau mulut mereka, dan beberapa orang lainnya sadar memiliki bau napas yang tidak enak dan tidak ada satu oranng pun yang menyadarinya, sulit untuk mencium bau napas Anda sendiri, apalagi untuk menilai baunya.

Mintalah seseorang teman yang selama ini Anda percaya untuk memberikan sebuah pendapat yang jujur, tapi jangan tepat setelah Anda selesai makan sebuah beef burger yang memiliki tambahan bawang bombay di dalamnya.

Jika kecurigaan Anda telah terkonfirmasi dan napas Anda memang bermasalah, jangan khawatir, terdapat banyak pengobatan rumahan yang bisa mengatasi bau mulut Anda, namun sebelumnya mari kita lihat bersama apa saja yang biasanya menjadi penyebab dari bau mulut itu sendiri.

Penyebab Bau Mulut

Kebanyakan bau mulut berawal dari kondisi pada mulut Anda sendiri dan terdapat banyak kemungkinan lainnya yang juga menjadi penyebab dari munculnya bau mulut, diantaranya adalah :

  • Makanan. Proses pemecahan partikel-pertikel dari makanan di dalam dan sekitar gigi Anda dapat meningkatkan munculnya bakteri dan sebuah bau yang tidak sedap, makanan tertentu, seperti bawang bombay, bawang putih dan rempah-rempah bisa menyebabkan bau pada mulut, setelah Anda mencerna makanan ini, mereka kemudian masuk ke aliran darah dan di bawa menuju ke paru-paru kemudian akan mempengaruhi aroma dari napas yang Anda keluarkan.
  • Produk-produk tembakau. Merokok menyebabkan bau mulut yang tak sedap, para perokok dan pengguna tembakau oral juga lebih berpotensi mengalami berbagai penyakit gusi yang merupakan sumber lain dari kondisi bau mulut.
  • Kebersihan gigi yang buruk. Jika Anda tidak menyikat dan membersihkan gigi secara teratur, partikel-partikel makanan akan tetap berada di mulut Anda, sehingga menyebabkan bau mulut, lapisan bakteri (plak) yang tidak berwarna dan lengket mulai terbentuk di gigi Anda, jika tidak di bersihkan, plak dapat mengiritasi gusi dan pada akhirnya akan membentuk kantong yang berisi plak diantara gigi dan gusi, lidah Anda juga dapat menjebak bakteri yang menghasilkan bau.
  • Mulut kering. Air liru membantu dalam membersihkan mulut Anda, menghilangkan partikel-pertikel yang dapat menyebabkan bau tidak sedap, kondisi yang disebut-sebut dengan mulut kering atau zerostomia dapat menyebabkan bau mulut karena produksi air liur yang menurun, mulut kering secara alami terjadi selama Anda tidur, mulut kering yang kronis dapat disebabkan oleh berbagai masalah pada kelenjar ludah dan beberapa penyakit lainnya.
  • Obat-obatan. Beberapa jenis obata-obatan secara tidak langsung dapat menyebabkan mulut menjadi kering sehingga mengakibatkan bau mulut, obat-obatan lainnya hanya dapat di urai di dalam tubuh dan melepaskan berbagai bahan kimia yang kemudian baunya dapat terbawa melalui napas Anda.
  • Berbagai infeksi di dalam mulut. Bau mulut bisa disebabkan oleh luka setelah menjalani suatu operasi mulut, seperti cabut gig atau bisa juga disebabkan oleh kerusakan gigi, penyakit gusi ataupun sariawan.
  • Kondisi mulut. hidung atau tenggorokan lainnya. Bau mulut terkadang juga bisa berasal dari masalah pada amandel, infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus atau tenggorokan.
  • Berbagai penyebab lainnya. Berbagai penyakit, seperti beberapa jenis kanker, dan beberapa kondisi kesehatan seperti gangguan metabolisme, dapat menyebabkan bau napas yang khas akibat dari bahan-bahan kimia yang mereka proses dan kemudian dikeluarkan melalui napas, penyakit gastroesophageal reflux, atau GERD) juga terkait dengan bau mulut, bau mulut yang terjadi pada anak kecil bisa disebabkan oleh benda asing, seperti potongan makanan yang bersarang di lubang hidung.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Tidak sulit untuk dapat meningkatkan kesehatan napas, mulut, gigi dan gusi Anda, cobalah beberapa langkah sederhanan ini yang bergunan untuk mengatasi bau mulut dan membuatnya menjadi bersih dan segar.

  1. Sikat dan Bersihkan Gigi Lebih Sering

    Plak, suatu penumpukan yang lengket pada area gigi Anda, hal ini mengumpulkan berbagai bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut, makanan-makanan yang terperangkap di sela-sela gigi juga dapat menambah masalah bau mulut.

    Sikatlah gigi Anda setidaknya dua kali setiap harinya dan bersihkan dengan menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari, jika Anda serius dengan kondisi mulut Anda, lakukanlah keduanya dengan sedikit lebih sering.

    Namun, jangan terlalu berlebihan, jika Anda menyikat gigi terlalu keras, Anda dapat merusak gigi sehingga justru membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan di masa mendatang.

  2. Bilas Mulut Anda Dengan Sebuah Mouthwash

    Selain dapat menyegarkan napas, sebuah obat kumur dapat menambah perlindungan ekstra dengan caranya menyingkirkan bakteri-bakteri, rasa mint yang segar bisa membuat Anda merasa lebih nyaman, pastikan obat kumur yang Anda gunakan mampu membunuh kuman penyebab bau mulut, bukan hanya sekedar menutupi baunya saja, kumur setiap hari dengan sebuah mouthwash yang baik dan hentikan bau mulut langsung pada sumbernya.

    Anda juga dapat membantu mencegah kondisi bau napas atau mulut dengan membilas mulut dengan air putih setelah selesai makan, dapat menghilangkan partikel-partikel makanan yang tersangkut di gigi Anda.

  3. Kikis Lidah Anda

    Lapisan yang biasanya terbentuk di lidah Anda bisa menjadi sebuah rumah bagi para bakteri penyebab bau mulut, untuk menghilangkannya, Anda bisa menyikat lidah Anda secara lembut dengan menggunakan sikat gigi.

    Jika sikat gigi Anda berukuran terlalu besar untuk mampu menjangkau area bagian belakang dari lidah Anda dengan nyaman, cobalah sebuah scraper atau pengikis, pengikis ini dirancang khusus untuk memberikan tekanan yang merata di seluruh area permukaan lidah.

    Kegiatan ini berguna untuk menghilangkan bakteri, sisa-sisa makanan dan sel-sel mati yang tidak dapat disingkirkan dengan hanya menyikatnya.

  4. Hindari Makanan yang Membuat Napas Menjadi Asam

    Bawang bombay dan bawang putih adalah beberapa penyebab utama, tetapi dengan hanya menyikat gigi setelah Anda memakannya tidak dapat banyak membantu.

    Zat-zat yang menyebabkan bau tak sedap yang terdapat pada bawang akan masuk ke dalam aliran darah Anda dan kemudian berjalan ke paru-paru Anda, dimana kemudian Anda mengeluarkannya, cara terbaik untuk menghentikannya adalah dengan tidak memakannya, atau setidaknya memakannya disaat sekiranya Anda sudah tidak ada lagi rencana bertemu dengan orang lain pada hari itu.

  5. Peterseli

    Peterseli merupakan sebuah obat tradisional yang populer untuk masalah bau mulut, aroma segar dan kandungan klorofilnya yang tinggi menunjukkan bahwa itu dapat memiliki efek penghilang bau.

    Penelitian telah menunjukkan bahwa peterseli secara efektif mampu memerangi berbagai senyawa busuk yang terdapat pada belerang.

    Kunyah daun segar peterseli setelah makan untuk mengatasi masalah bau mulut Anda.

  6. Jus Nanas

    Banyak orang percaya bahwa jus nanas adalah suatu pengobatan tercepat dan paling efektif untuk mengatasi bau mulut, meskipun tidak terdapat bukti secara ilmiah yang mendukung teori ini, berbagai laporan anekdot telah menunjukkan bahwa jus nanas terbukti berhasil mengatasi bau mulut.

    Minumlah segelas jus nanas organik setiap selesai makan atau Anda bisa mengunyak irisan anan selama satu hingga dua menit, penting untuk diingat untuk selalu membilas mulut Anda dari gula yang terdapat dalam jus nanas dan juga jus buah lain sesudahnya.

  7. Air Putih

    Penelitian menunjukkan bahwa kekeringan pada mulut sering kali menjadi penyebab bau mulut, air liur berperan sangan penting dalam menjaga kebersihan pada mulut, tanpa itu, bakteri akan mudah untuk berkembang biak.

    Mulut Anda secara alami akan mengering ketika Anda tidur, itulah mengapa napas biasanya menjadi bau tidak enak di pagi hari atau ketika Anda bangun dari tidur.

    Cegah mulut kering dengan menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, minum air putih sepanjang hari dapat membantu produksi dari air liur, usahakan setidaknya minum delapan gelas air putih setiap hari.

  8. Yogurt

    Yogurt mengandung bakteri sehat yang disebut lactobacillus, bakteri sehat ini dapat membantu memerangi bakteri jahat di berbagai bagian tubuh Anda, seperti usus Anda.

    Penelitian telah menunjukkan bahwa yogurt juga dapat membantu mengurangi bau pada mulut, sebuah studi menemukan setelah enam minggu mengkonsumsi yogurt, sebanyak 80 persen dari partisipan mengalami penurunan bau pada mulut mereka, probiotik yang terdapat dalam yogurt terbukti efektif mengurangi keparahan bau mulut.

    Untuk menggunakan yogurt untuk melawan bau mulut, makan setidaknya satu porsi yogurt tanpa lemak setiap hari.

  9. Susu

    Susu telah terkenal sebagai obat untuk masalah bau mulut, penelitian menunjukkan bahwa dengan minum susu setelah makan bawang putih dapat mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh bawang putih.

    Untuk dapat menggunakan metode ini, minumlah segelas susu yang rendah atau penuh lemak selama atau setelah makan makanan yang menyengat seperti bawang putih dan bawang bombay.

  10. Jeruk

    Jeruk tidak hanya menjadi sebuah makanan penutup yang sehat, tetapi juga dapa meningkatkan kebersihan gigi.

    Banyak orang mengalami bau mulut karena tidak menghasilkan air liur yang cukup untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau busuk, penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi dari air liur, sehingga dapat membantu menghilangkan bau mulut.

  11. Zinc atau Seng

    Garam seng, suatu bahan yang terdapat di dalam obat kumur tertentu dan terbukti dapat menangkal bau pada mulut, seng bekerja dengan menurunkan jumlah senyawa belerang yang ada di dalam napas Anda, penelitian telah menunjukkan bahwa membilas mulut Anda secara teratur dengan larutan yang mengandung send secara efektif mampu mengurangi bau mulut setidaknya selama enam bulan.

    Cobalah sebuah permen karet yang mengandung zinc atau seng yang khusus dibuat untuk orang dengan tipe mulut yang kering.

  12. Teh Hijau

    Teh hijau adalah sebuah obat rumahan yang efektif digunakan untuk bau mulut, penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat disinfektan dan penghilang bau yang dapat menyegarkan napas dalam waktu sementara.

    Mint memiliki efek yang serupa, jadi secangkir teh mint hijau bisa menjadi sebuah penyegar napas yang ideal, seduh dua cangkir teh sebelum tidur dan dinginkan semalaman, tuangkan teh tersebut ke dalam sebuah botol air dan bawa kemanapun Anda pergi, misalnya bekerja, minumlah secara perlahan di sepanjang hari.

  13. Apel

    Satu penelitian menemukan bahwa apel segar memiliki sebuah efek yang kuat terhadap bau mulut yang disebabkan oleh bawang putih, senyawa alami tertentu dalam buah apel mampu untuk menetralkan senyawa yang menyebabkan bau busuk yang terdapat di bawang putih, hal ini sangat berguna bagi orang-orang yang napasnya masih terdapat bau dari bawang putih, selain menghilangkan bau mulut, apel ini juga dapat menghilangkan senyawa dari bawang putih yang masuk ke dalam aliran darah.